Budaya

Perangkat Komputer yang Berupa Perintah atau Instruksi yang Mengendalikan Komputer Disebut Dengan

×

Perangkat Komputer yang Berupa Perintah atau Instruksi yang Mengendalikan Komputer Disebut Dengan

Sebarkan artikel ini

Ketika berbicara tentang perangkat komputer, biasanya kita membayangkan perangkat keras atau hardware seperti monitor, keyboard, mouse, motherboard, dan sebagainya. Namun ada perangkat yang tak kalah penting, yaitu yang berfungsi membimbing dan mengendalikan kerja komputer. Perangkat tersebut bukanlah berbentuk fisik, melainkan serangkaian perintah atau instruksi yang disebut sebagai software atau perangkat lunak komputer.

Apa Itu Software?

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan data digital yang disimpan dan dijalankan oleh komputer, termasuk program komputer, dokumentasi, perpustakaan digital, data digital dan sebagainya. Software adalah instruksi yang dijalankan oleh prosesor komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Software atau perangkat lunak dibagi menjadi 3 jenis utama, yaitu sistem operasi (Operating System atau OS), software aplikasi, dan software utilitas.

Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi adalah software yang mengontrol seluruh hardware dan software pada komputer. Contoh sistem operasi adalah Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS. Sistem operasi memungkinkan komputer beroperasi dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer.

Software Aplikasi

Software aplikasi adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang diinginkan oleh pengguna. Misalnya, pengolah kata (misalnya Microsoft Word), lembar kerja (misalnya Microsoft Excel), dan peramban web (misalnya Google Chrome).

Software Utilitas

Software utilitas adalah program yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan atau menjaga komputer. Contohnya adalah antivirus, disk cleaner, dan disk defragmenter.

Dalam pelaksanaannya, komputer tidak dapat beroperasi tanpa adanya software. Software berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware. Dalam mengoperasikan komputer, user memberikan instruksi melalui software, kemudian software tersebutlah yang akan memerintah hardware untuk melakukan apa yang diinginkan oleh user. Dengan kata lain, perintah atau instruksi yang mengendalikan komputer itu sendiri adalah software.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *