Ilmu

Pesawat Kertas yang Diterbangkan Melawan Arah Angin Akan Berbelok: Pernyataan yang Tepat Adalah?

×

Pesawat Kertas yang Diterbangkan Melawan Arah Angin Akan Berbelok: Pernyataan yang Tepat Adalah?

Sebarkan artikel ini

Pesawat kertas memiliki mekanisme yang sederhana. Keunikan utamanya yaitu kemampuannya bergerak dan terbang dalam sejumlah waktu ketika dilempar, baik dengan kekuatan rendah maupun tinggi. Pesawat kertas, meski tidak memiliki mesin, bisa memiliki lintasan penerbangan yang cukup jauh dan lama. Meski begitu, pola penerbangan pesawat kertas bisa berubah ketika diterbangkan melawan arah angin.

Mekanisme dan Faktor yang Membuat Pesawat Kertas Bisa Terbang

Pesawat kertas terbang berdasarkan prinsip dasar aerodinamika. Empat kekuatan utama yang mempengaruhi pesawat kertas adalah: gaya dorong (thrust), gaya angkat (lift), gaya berat (weight), dan gaya hambat (drag).

  • Gaya dorong adalah kekuatan yang mendorong pesawat kertas ke depan. Kekuatan ini berasal dari tenaga kita saat melempar pesawat kertas.
  • Gaya angkat tercipta ketika udara mengalir di atas dan di bawah sayap pesawat kertas (yang biasanya lebih datar), menimbulkan tekanan udara yang lebih rendah di bagian atas, mendorong pesawat kertas ke atas (berdasarkan prinsip Bernoulli).
  • Gaya berat adalah kekuatan gravitasi yang menarik pesawat kertas ke bawah.
  • Gaya hambat muncul karena gesekan antara pesawat kertas dan udara, menghambat gerakan kedepan pesawat kertas.

Pengaruh Angin terhadap Pesawat Kertas

Saat pesawat kertas diterbangkan melawan arah angin, akan ada perubahan signifikan pada prinsip-prinsip tersebut, terutama terhadap gaya dorong dan gaya hambat. Angin melawan arah penerbangan pesawat kertas dapat memperkuat gaya hambat dan melemahkan gaya dorong, mengakibatkan pesawat kertas tidak bisa terbang jauh atau bahkan mengalami putaran atau belokan.

Perubahan dalam gaya dorong dan gaya hambat ini bisa merubah melengkungnya lintasan pesawat kertas, dan ini inilah yang kita lihat sebagai ‘belokan’. Angin yang cukup kuat bahkan dapat membalikkan arah pesawat kertas, meskipun hal ini biasanya hanya terjadi jika angin benar-benar kuat dan pesawat kertas diterbangkan dengan sudut yang tepat.

Jadi, Jawabannya Apa?

Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan yang tepat mengenai fenomena pesawat kertas yang diterbangkan melawan arah angin akan berbelok adalah: perubahan arah dan intensitas angin dapat memengaruhi stabilnya lintasan penerbangan pesawat kertas dengan mengubah keseimbangan antara gaya dorong dan gaya hambat, yang pada akhirnya bisa membuat pesawat kertas berbelok atau berputar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *