Diskusi

Yang Mengemukakan Perdagangan Internasional Terjadi Apabila Ada Perbedaan Keunggulan Komparatif

×

Yang Mengemukakan Perdagangan Internasional Terjadi Apabila Ada Perbedaan Keunggulan Komparatif

Sebarkan artikel ini

Apa itu keunggulan komparatif?

Keunggulan komparatif adalah konsep ekonomi yang menggambarkan keadaan di mana sebuah negara secara relatif lebih efisien dalam memproduksi suatu barang atau jasa dibandingkan dengan negara lain. Sebuah negara dapat mencapai keunggulan komparatif dalam hal biaya produksi, teknologi, akses ke sumber daya alam, atau keterampilan tenaga kerja.

Bagaimana keunggulan komparatif mempengaruhi perdagangan internasional?

Perbedaan keunggulan komparatif antar negara mengakibatkan pentingnya perdagangan internasional. Perdagangan internasional memungkinkan setiap negara untuk memfokuskan sumber daya mereka pada produksi barang dan jasa dimana mereka memiliki keunggulan komparatif. Dengan begitu, negara tersebut dapat menghasilkan lebih banyak dengan sumber daya yang sama.

Dalam teori keunggulan komparatif yang diajukan oleh ekonom Inggris David Ricardo, perdagangan internasional dapat meningkatkan kekayaan kedua negara yang terlibat. Negara yang memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi suatu barang akan mengekspor barang tersebut, sementara negara yang tidak memiliki keunggulan akan mengimpor dari negara yang efisien. Sehingga, perdagangan internasional akan mengarah pada alokasi sumber daya yang lebih efisien dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Contoh keunggulan komparatif dalam perdagangan internasional

Misalkan ada dua negara, Negara A dan Negara B. Negara A mampu memproduksi sayuran dengan efisien, sedangkan Negara B mampu memproduksi daging dengan efisien. Melalui perdagangan internasional, kedua negara ini dapat memfokuskan sumber daya mereka untuk memproduksi barang yang mereka miliki keunggulan komparatif, yaitu sayuran dan daging.

Hasilnya, Negara A akan mengimpor daging dari Negara B, dan Negara B akan mengimpor sayuran dari Negara A. Perdagangan internasional ini memungkinkan kedua negara untuk menikmati konsumsi yang lebih besar dari kedua barang dengan biaya yang lebih rendah.

Simpulan

Perdagangan internasional terjadi karena adanya perbedaan keunggulan komparatif antar negara. Keunggulan komparatif mempengaruhi arah perdagangan internasional dan membantu mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien. Dalam hal ini, perdagangan internasional membawa manfaat bagi kedua belah pihak yang terlibat, dengan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Jadi, jawabannya apa? Perdagangan internasional terjadi karena perbedaan keunggulan komparatif antar-negara menciptakan peluang bagi negara-negara untuk meningkatkan kekayaan dan kesejahteraan masyarakat melalui spesialisasi dan saling tukar hasil produksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *