Sekolah

Oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Abu Bakar Mendapat Gelar As-Siddiq yang Berarti

×

Oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Abu Bakar Mendapat Gelar As-Siddiq yang Berarti

Sebarkan artikel ini

Abu Bakar, salah satu sahabat terdekat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, adalah orang pertama yang mempercayai wahyu yang diterima oleh Rasulullah dari Allah. Karena kepercayaan dan keyakinannya yang luar biasa ini, oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Abu Bakar kemudian mendapat gelar As-Siddiq.

Mengenal As-Siddiq

Dalam bahasa Arab, ‘As-Siddiq’ adalah sebutan untuk ‘orang yang sangat mempercayai’ atau ‘pemberi pengakuan’. Gelar ini adalah penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang secara konsisten menunjukkan kepercayaan yang dalam, dan komitmen yang kuat kepada kebenaran.

Abu Bakar mendapat gelar As-Siddiq sebagai pengakuan atas kebajikannya. Ia adalah orang pertama yang tidak ragu dalam menerima wahyu Allah yang diterima oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sejak pertama kali wahyu itu diturunkan.

Abu Bakar sebagai As-Siddiq

Abu Bakar adalah salah satu sahabat Rasulullah yang memiliki keimanan yang kuat. Begitu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menceritakan tentang wahyu pertama yang diterimanya, Abu Bakar langsung mempercayainya tanpa ragu-ragu. Hal ini menjadi bukti kepercayaan dan keyakinan Abu Bakar yang tinggi terhadap Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Kepercayaan dan keyakinan Abu Bakar kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga terlihat dalam berbagai kisah lainnya dalam sejarah Islam. Ketika kaum Quraisy meragukan perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar adalah orang pertama yang membenarkannya. Ia juga merupakan sahabat yang menemani Rasulullah dalam perjalanan hijrah dari Mekah ke Madinah.

Kesimpulan

Oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Abu Bakar mendapat gelar As-Siddiq yang berarti seorang yang sangat mempercayai atau pemberi pengakuan. Gelar ini diberikan sebagai penghormatan atas keimanan dan keyakinannya yang tinggi kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan wahyu yang diterima oleh beliau.

Jadi, jawabannya apa?

Abu Bakar mendapatkan gelar As-Siddiq oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang berarti “orang yang sangat mempercayai” atau “pemberi pengakuan”. Gelar ini diberikan sebagai penghormatan untuk kepercayaan dan keyakinan Abu Bakar yang tinggi kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan wahyu yang diterima oleh beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *