Ilmu

Jika Sesuatu Ditakdirkan Untukmu Sampai Kapanpun Tidak Akan Pernah Menjadi Milik Orang Lain

×

Jika Sesuatu Ditakdirkan Untukmu Sampai Kapanpun Tidak Akan Pernah Menjadi Milik Orang Lain

Sebarkan artikel ini

Dalam perjalanan hidup ini, banyak hal dan kejadian yang seringkali membingungkan dan menyebabkan kita merasa tidak adil. Adakalanya kita melihat orang lain mendapatkan apa yang kita inginkan dan berharap, dan kita merasa seolah olah apa yang kita inginkan telah diambil orang lain. Namun, jika kita melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, sejatinya apa yang telah ditentukan dan ditakdirkan untuk kita, tidak pernah akan menjadi milik orang lain.

Takdir Adalah Rahasia Ilahi

Takdir adalah rahasia Ilahi yang tidak dapat kita pahami sepenuhnya. Seperti dalam Al-Qur’an Surat Al An’am Ayat 59, dijelaskan bahwa takdir adalah rahasia yang hanya diketahui oleh Allah. Kitab yang berisi takdir manusia adalah kitab yang dijaga ketat bukannya kitab yang umum bisa diakses oleh semua orang. Kita sebagai manusia, tidak diberikan wewenang dan pengetahuan untuk mengetahui dan memahami takdir tersebut secara mendalam.

Setiap Manusia Diberi Takdirnya Masing-Masing

Masing-masing manusia memiliki takdir dan jalan hidupnya sendiri. Tidak ada orang lain yang dapat memiliki atau mengambil apa yang telah ditakdirkan untuk kita. Sebagai contoh, kita tidak dapat memilih keluarga tempat kita dilahirkan, warna kulit, atau talenta yang kita miliki. Semua itu merupakan bagian dari takdir kita yang tidak dapat diubah atau diambil oleh orang lain.

Bersabar Melihat Orang Lain Mendapatkan Apa Yang Kita Inginkan

Ketika kita melihat orang lain mendapatkan apa yang kita inginkan, bisa jadi itu bukan merupakan takdir kita. Alih-alih merasa iri dan cemburu, yang lebih baik adalah kita belajar menerima dan memahami bahwa takdir setiap individu berbeda-beda. Yang kita butuhkan adalah sikap sabar, penerimaan, dan yakin bahwa apa yang baik dan layak untuk kita menurut Tuhan, akan datang pada waktunya.

Keyakinan dalam Takdir

Memiliki keyakinan yang kokoh terhadap takdir juga berarti percaya bahwa setiap persoalan dan cobaan hidup adalah pelajaran dan lantaran untuk mengembangkan diri. Setiap yang telah ditakdirkan untukmu sampai kapanpun tidak akan pernah menjadi milik orang lain. Kunci dari hal ini adalah bersabar, menerima, dan yakin bahwa Allah SWT mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Maka dari itu, hadapilah hidup dengan senyuman dan gembira. Tunjukkan rasa syukur walau dalam keadaan sulit sekalipun, karena yang ditakdirkan untukmu, pasti akan menjadi milikmu. Takdir adalah misteri, dan misteri tersebut membawa kita dalam kehidupan yang menyenangkan dan menantang, teruslah berjuang dan berdoa. Karena sesungguhnya, takdir hanya berada di tangan Tuhan Yang Maha Esa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *