Sekolah

Kutub Selatan Dapat Digolongkan Sebagai Benua, Namun Kutub Utara Tidak, Hal Ini Dikarenakan

×

Kutub Selatan Dapat Digolongkan Sebagai Benua, Namun Kutub Utara Tidak, Hal Ini Dikarenakan

Sebarkan artikel ini

Kutub Selatan, yang juga dikenal sebagai Antartika, dan Kutub Utara, yang terletak di tengah laut Arktik, merupakan dua wilayah yang sering diperbandingkan. Keduanya sama-sama memiliki cuaca yang ekstrem dan lingkungan yang tidak bersahabat, namun hanya Kutub Selatan yang dapat digolongkan sebagai benua, sementara Kutub Utara tidak. Lantas, apa Alasan yang membuat Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua sementara itu Kutub Utara tidak?

Perbedaan Struktur Geologis

Salah satu alasan utama mengapa Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, sementara Kutub Utara tidak merupakan perbedaan struktur geologis di kedua wilayah tersebut. Kutub Selatan terdiri dari daratan yang luas dan terjalin dengan tebalnya lapisan es. Di bawah lapisan es tersebut, terdapat daratan yang khas dengan batuan dan mineral khas benua. Selain itu, Antartika juga memiliki dasar yang sama dengan benua lainnya, seperti Pangea. Hal ini menjadi bukti kuat bahwa Kutub Selatan merupakan benua tersendiri.

Sementara itu, Kutub Utara terdiri dari lapisan es yang mengambang di permukaan perairan samudra Arktik. Di bawah lapisan es tersebut, tidak terdapat daratan yang keseluruhan adalah perairan laut. Beberapa pulau yang ada di sekitar Kutub Utara, seperti Pulau Ellesmere yang merupakan bagian Kanada, adalah pengecualian. Oleh karena itu, Kutub Utara tidak dianggap sebagai benua.

Flora dan Fauna

Kutub Selatan dan Kutub Utara juga memiliki perbedaan dalam hal flora dan fauna yang hidup di kedua wilayah tersebut. Kutub Selatan memiliki jumlah spesies yang lebih terbatas dibandingkan dengan Kutub Utara. Hanya beberapa spesies seperti pinguin, anjing laut, dan balena yang mampu bertahan hidup di sel sarai lingkunnya Kutub Selatan. Sementara Kutub Utara, memiliki berbagai jenis spesies seperti beruang kutub, ikan, dan aneka spesies tanaman yang mampu hidup di lingkungan es tersebut.

Kehidupan Manusia

Salah satu faktor yang menunjukkan bahwa Kutub Selatan merupakan benua adalah kehidupan manusia dan aktivitas di wilayah tersebut. Meskipun tidak ada permukiman permanen, banyak stasiun penelitian ilmiah yang upaya dihasilkan oleh berbagai negara di Antartika. Sebaliknya, Kutub Utara, yang didominasi oleh es batu dan air, tidak memiliki infrastruktur atau kehadiran manusia yang sama dengan Kutub Selatan.

Jadi, Jawabannya apa?

Jadi, jawabannya mengapa Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak, dikarenakan perbedaan struktur geologis yang mencakup keberadaan daratan di Kutub Selatan dan perbedaan flora, fauna, serta kehidupan manusia di kedua wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *