Sosial

Fraksi Minyak Bumi yang Terakhir Dipisahkan dengan Distilasi Bertingkat Digunakan Untuk…

×

Fraksi Minyak Bumi yang Terakhir Dipisahkan dengan Distilasi Bertingkat Digunakan Untuk…

Sebarkan artikel ini

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang memiliki berbagai fungsi penting dalam kehidupan sehari-hari. Ekstraksi dari minyak bumi melalui proses yang dikenal sebagai distilasi bertingkat. Selama proses ini, berbagai fraksi atau bagian dari minyak bumi dipisahkan berdasarkan titik didih mereka. Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya fungsi dari fraksi minyak bumi yang terakhir dipisahkan dengan distilasi bertingkat?

Pendahuluan ini mengantar kita kepada pertanyaan utama: “Fraksi minyak bumi yang terakhir dipisahkan dengan distilasi bertingkat digunakan untuk?”

Fraksi minyak bumi yang dipisahkan terakhir dalam proses distilasi bertingkat biasanya adalah residu atau sisa yang memiliki titik didih paling tinggi dan juga viskositas yang tinggi. Fraksi ini dikenal juga dengan sebutan residu distilasi atau residu atmosferis. Fraksi ini memiliki titik didih lebih dari 350 derajat Celcius.

Pada umumnya, residu distilasi ini digunakan untuk beberapa keperluan industri yang penting, antara lain:

  1. Bahan Baku Aspal: Sebagian besar residu distilasi digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan aspal. Aspal ini digunakan untuk konstruksi jalan dan juga dalam industri konstruksi untuk pengecoran atap dan isolasi.
  2. Bahan Bakar Industri: Residu distilasi juga digunakan sebagai bahan bakar dalam berbagai industri. Contohnya, dalam industri semen dan baja di mana dibutuhkan sumber panas yang tinggi.
  3. Pembuatan Oli Pelumas: Sebagian residu distilasi dikirim ke proses pengolahan lanjut untuk pembuatan oli pelumas. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dan sering digunakan dalam mesin besar seperti mesin kapal dan mesin industri.
  4. Bahan Baku Cokes: Residu distilasi juga diolah menjadi bahan baku untuk pembuatan cokes. Cokes adalah bahan bakar padat yang digunakan dalam proses pembuatan baja.

Itu dia beberapa penggunaan utama dari fraksi minyak bumi yang terakhir dipisahkan dengan distilasi bertingkat. Proses ini memungkinkan kita untuk memanfaatkan seluruh bagian dari minyak bumi, sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia.

Jadi, jawabannya apa? Fraksi minyak bumi yang terakhir dipisahkan dengan distilasi bertingkat digunakan untuk berbagai keperluan industri seperti pembuatan aspal, bahan bakar industri, pembuatan oli pelumas, dan bahan baku cokes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *