Ilmu

Leukosit yang Mempunyai Fungsi Memakan Bakteri dan Serpihan Sel-Sel yang Telah Mati Adalah

×

Leukosit yang Mempunyai Fungsi Memakan Bakteri dan Serpihan Sel-Sel yang Telah Mati Adalah

Sebarkan artikel ini

Sel Kehidupan manusia dibentuk oleh triliunan sel yang masing-masing mempunyai fungsi spesifik dan hidup di dalam suatu sistem koordinasi. Dalam sistem tersebut, setiap sel mengambil peran penting yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebut saja sel darah putih atau leukosit, sel yang menjadi bagian dari sistem imun tubuh manusia untuk melawan berbagai jenis penyakit.

Definisi Leukosit

Leukosit atau sel darah putih merupakan bagian dari sistem hematopoietik yang bertanggung jawab menjaga tubuh dari serangan molekul asing, seperti virus, bakteri, parasit, dan jamur. Leukosit ini sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya memiliki fungsi memakan bakteri dan serpihan sel-sel yang telah mati. Lalu, leukosit jenis apa yang memiliki kemampuan tersebut?

Leukosit yang Mempunyai Fungsi Memakan Bakteri dan Serpihan Sel-Sel yang Telah Mati

Leukosit yang mempunyai fungsi memakan bakteri dan serpihan sel-sel yang telah mati adalah jenis sel fagosit. Fagosit adalah jenis sel darah putih yang mampu memfagositosis, yaitu proses penyerapan partikel asing atau sel yang rusak dan sudah mati oleh sel-sel tubuh tertentu. Ada dua jenis fagosit utama dalam tubuh manusia, yaitu neutrofil dan makrofag.

Neutrofil

Neutrofil termasuk dalam kategori granulosit dan merupakan jenis sel darah putih yang paling umum di dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah memusnahkan bakteri dan fungi yang masuk ke dalam tubuh. Proses ini terjadi melalui fagositosis, di mana neutrofil akan mengelilingi dan menelan partikel atau mikroorganisme asing sebelum mencernanya dengan enzim yang poten.

Makrofag

Makrofag adalah sel besar yang ditemukan di dalam jaringan dan memiliki kemampuan untuk menyerap partikel asing dan sel-sel mati. Mereka bertanggung jawab terhadap respons imun tubuh pertama kali terhadap invasi mikroorganisme asing. Makrofag mengidentifikasi, menelan, dan memusnahkan mikroorganisme dan sel-sel mati melalui proses fagositosis, melalui ini, makrofag berperan penting dalam merawat dan mempertahankan kesehatan jaringan.

Kesimpulan

Leukosit memiliki beragam jenis dan fungsi dalam mempertahankan sistem imun tubuh. Leukosit yang mempunyai fungsi memakan bakteri dan serpihan sel-sel yang telah mati adalah neutrofil dan makrofag. Ketika ada serangan dari molekul asing, baik berupa bakteri, parasit, virus, jamur, atau serpihan dari sel-sel yang sudah mati dan rusak, neutrofil dan makrofag akan memusnahkan dan menyingkirkan mereka dari tubuh manusia.

Jadi, jawabannya apa? Tipe leukosit yang memiliki fungsi memakan bakteri dan serpihan sel-sel yang telah mati adalah neutrofil dan makrofag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *