Sekolah

Darah Menjadi Kental Akibat Jumlah Eritrosit Melebihi Normal Merupakan Ciri-Ciri Penyakit

×

Darah Menjadi Kental Akibat Jumlah Eritrosit Melebihi Normal Merupakan Ciri-Ciri Penyakit

Sebarkan artikel ini

Darah berfungsi untuk memasok oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Sejumlah komponen penting terkandung di dalam darah, salah satunya adalah eritrosit atau sel darah merah. Jika jumlah eritrosit dalam darah melebihi normal, maka dapat menyebabkan darah menjadi kental. Kondisi ini berpotensi memicu berbagai jenis penyakit, dan juga menjadi ciri-ciri dari beberapa penyakit tertentu.

Apa Itu Eritrosit?

Eritrosit adalah sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Banyaknya jumlah eritrosit dalam darah biasanya diatur oleh tubuh, namun ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan jumlah eritrosit meningkat, salah satunya adalah polisitemia.

Polisitemia, Penyebab Darah Kental Akibat Jumlah Eritrosit Melebihi Normal

Polisitemia adalah kondisi medis dimana jumlah eritrosit dalam darah melebihi normal. Hal inilah yang biasanya membuat darah menjadi lebih kental. Jika tidak diatasi, polisitemia dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke karena darah yang kental mampu mempengaruhi aliran darah.

Ada beberapa jenis polisitemia, namun yang paling umum adalah polisitemia vera. Polisitemia vera adalah gangguan sumsum tulang yang membuat tubuh memproduksi terlalu banyak eritrosit. Selain eritrosit, polisitemia vera juga dapat meningkatkan jumlah lekosit dan trombosit dalam darah.

Ciri-Ciri dan Dampak Kesehatan

Gejala polisitemia cukup beragam, sering kali mirip dengan kondisi medis lainnya sehingga diagnosis bisa menjadi tantangan. Gejala umumnya meliputi:

  • Kelelahan atau lemas
  • Pusing atau sakit kepala
  • Sesak napas
  • Gangguan penglihatan
  • Kemerahan pada wajah
  • Pembengkakan tangan atau kaki

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan polisitemia biasanya melibatkan terapi flebotomi, prosedur pengurangan darah dengan cara pengambilan darah secara berkala. Adapun pencegahan terhadap polisitemia melibatkan gaya hidup yang sehat seperti tidak merokok, menjaga berat badan ideal, dan menerapkan pola makan seimbang.

Jadi, jawabannya apa? Darah menjadi kental akibat jumlah eritrosit melebihi normal bisa menjadi tanda dari penyakit polisitemia vera. Penanganannya penting sebab polisitemia vera dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Konsultasi dengan dokter adalah langkah terbaik jika mengalami gejala-gejala yang mirip dengan polisitemia vera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *