Ilmu

Jelaskan Pentingnya Kesadaran Bela Negara dalam Menjaga Keutuhan Wilayah Negara Indonesia

×

Jelaskan Pentingnya Kesadaran Bela Negara dalam Menjaga Keutuhan Wilayah Negara Indonesia

Sebarkan artikel ini

Indonesia adalah negara kepulauan yang berjumlah lebih dari 17.000 pulau, yang masing-masing pulau memiliki beragam etnis, budaya, dan bahasa. Keberagaman ini dapat menjadi potensi kekayaan dan keutuhan jika bisa dikelola dengan baik, namun sebaliknya dapat menjadi titik lemah jika tidak terjaga keutuhan dan persatuannya. Dalam hal ini, kesadaran bela negara memiliki peran penting.

Pengertian Bela Negara

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu bela negara. Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang lahir dari kesadaran dan kecintaan kepada negara, berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Proses tersebut bukanlah hanya tugas TNI dan Polri, melainkan juga merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia.

Peran Kesadaran Bela Negara

Kesadaran bela negara memiliki peran sebagai perekat keberagaman dan kekuatan penyatuan bangsa. Kesadaran ini mendorong setiap individu untuk berkontribusi dalam menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan negara. Wilayah sebagai rumah dari berbagai etnis dan budaya, dan kedaulatan sebagai kemampuan bangsa dalam menentukan sendiri kebijakan dalam urusan domestik dan internasional.

Pentingnya kesadaran bela negara dalam menjaga keutuhan wilayah negara dapat dilihat dari beberapa aspek:

Memahami dan Mempertahankan Kedaulatan Negara

Dengan kesadaran bela negara, setiap individu paham bahwa wilayah Indonesia adalah resultan dari perjuangan dan pengorbanan para pendahulu. Oleh karena itu, mereka bersikap siap mempertahankan wilayah tersebut dengan caranya masing-masing, baik itu melalui tindakan fisik ataupun pintar-pintar memanfaatkan teknologi.

Membangun Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Tanpa adanya kesadaran bela negara, masyarakat Indonesia yang beragam suku dan budayanya mungkin akan mudah terpecah belah. Namun dengan adanya kesadaran bela negara, berbagai perbedaan tersebut justru bisa menjadi sumber kekuatan karena semakin mendorong rasa kebersamaan dan persatuan.

Membangun Nilai-nilai Luhur Bangsa

Kesadaran bela negara juga membantu membangun nilainilai luhur bangsa dalam diri setiap warga negara. Nilainilai tersebut antara lain sikap cinta tanah air, rela berkorban untuk negara, menghargai keberagaman, dan sebagainya. Hal ini penting sebagai benteng dalam menjaga keutuhan wilayah negara dari potensi ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam menjaga keutuhan wilayah negara Indonesia, kesadaran bela negara memang sangat esensial. Sebab, upaya tersebut tidak cukup hanya dijalankan oleh aparat negara, tapi juga oleh seluruh warga negara. Dengan demikian, keutuhan wilayah Indonesia akan terjaga dan negara tetap berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat, adil dan makmur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *