Sosial

Informasi tentang Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Teks Prosedur Terdapat pada Bagian

×

Informasi tentang Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Teks Prosedur Terdapat pada Bagian

Sebarkan artikel ini

Teks prosedur adalah teks yang menyajikan urutan langkah atau instruksi untuk mencapai tujuan tertentu. Teks prosedur biasanya memuat instruksi cara membuat atau melakukan sesuatu, seperti resep makanan, cara pembuatan produk craft, atau instruksi penggunaan suatu alat.

Berbicara tentang teks prosedur, tentu tidak akan lengkap jika tidak menyampaikan informasi tentang alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan setiap proses. Bagian mana dari teks prosedur yang biasanya membahas tentang ini?

Bagian Pemilihan Alat dan Bahan dalam Teks Prosedur

Dalam sebuah teks prosedur, informasi tentang alat dan bahan yang diperlukan biasanya ditemukan di dalam bagian “Bahan-Bahan” atau “Alat-Alat” pada awal teks. Bagian ini memberikan pembaca gambaran awal tentang apa saja yang harus mereka siapkan untuk melaksanakan prosedur. Dengan demikian, mereka dapat mempersiapkan semua yang dibutuhkan sebelum memulai proses.

Misalnya, dalam teks prosedur membuat biskuit, bagian “Bahan-Bahan dan Alat” dapat berisi informasi seperti ini:

  • Bahan: Tepung terigu, gula pasir, margarin, telur, serta baking powder.
  • Alat: Oven, mangkuk, mixer, loyang, serta spatula.

Dengan demikian, pembaca akan mengetahui bahwa mereka harus memiliki semua bahan dan peralatan tersebut sebelum memulai proses pembuatan biskuit.

Setelah bagian “Bahan-Bahan dan Alat” ini, biasanya akan diikuti oleh serangkaian instruksi tentang apa yang harus dilakukan dengan bahan dan alat tersebut — step ini disebut sebagai “Langkah-Langkah” atau “Prosedur”. Bagian ini akan memberikan langkah demi langkah yang harus dilakukan, biasanya dalam bentuk urutan waktu, dimulai dari langkah pertama hingga hasil akhir.

Namun, struktur teks prosedur bisa sedikit bervariasi tergantung pada perbedaan budaya, konteks, atau tujuan penulisan. Meski demikian, fungsi dan esensi dari bagian “Bahan-Bahan dan Alat” tetap sama, yaitu menyediakan informasi dasar yang diperlukan pembaca sebelum memulai proses yang diinstruksikan.

Jadi, jawabannya apa? Informasi tentang alat dan bahan yang dibutuhkan dalam teks prosedur umumnya terdapat pada bagian “Bahan-Bahan dan Alat” atau setara yang ada di awal teks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *