Sosial

Tawaf Wada Adalah Tawaf yang Dilakukan Ketika Jamaah Haji Akan Pulang Atau Meninggalkan

×

Tawaf Wada Adalah Tawaf yang Dilakukan Ketika Jamaah Haji Akan Pulang Atau Meninggalkan

Sebarkan artikel ini

Tawaf Wada atau Tawaf Perpisahan merupakan ritual penting dan terakhir dalam ibadah haji yang harus dilakukan oleh setiap jamaah haji sebelum meninggalkan Tanah Suci. Kata ‘Wada’ dalam Bahasa Arab berarti ‘Perpisahan’, yang menggambarkan esensi dari ritual ini sebagai perpisahan formal jamaah haji dengan Baitullah (Ka’bah) sebelum kembali ke tanah air mereka masing-masing.

Latar Belakang Tawaf Wada

Tawaf Wada merupakan sunnah Rasulullah SAW sesuai dengan Hadis Bukhari dan Muslim. Beliau bersabda:

‘Tidak ada satu dari kalian yang meninggalkan Mekah sebelum melakukan tawaf di Baitullah sebagai tawaf terakhirnya’

Jadi, Tawaf Wada dilakukan sebagai penutup ibadah haji.

Pelaksanaan Tawaf Wada

Melakukan Tawaf Wada dilakukan dengan cara yang sama seperti tawaf yang lain, yakni dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali berlawanan arah jarum jam. Selama melakukan tawaf, jamaah haji disarankan untuk membaca doa, dzikir, dan takbir. Setelah tawaf, jamaah haji juga disunnahkan untuk melakukan Shalat Sunnah Tawaf dua raka’at di belakang Maqam Ibrahim.

Ritual Tawaf Wada ini secara simbolis mencerminkan keinginan dan harapan untuk kembali lagi ke Baitullah, tempat yang menjadi kiblat umat Islam dari seluruh dunia. Ritual ini bukan sekadar perpisahan fisik, tetapi lebih merupakan manifestasi cinta, kerinduan, dan kepatuhan umat Islam kepada Allah SWT.

Penutup

Meski Tawaf Wada tidak merupakan rukun haji dan menjadi wajib bagi yang akan meninggalkan Mekah untuk kembali ke kampung halaman mereka, tidak melaksanakannya tetap merusak kesempurnaan ibadah haji. Dengan demikian, penting bagi setiap jamaah untuk memahami dan mempraktikkan ritual ini dengan sebaik-baiknya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memahami makna dan pentingnya Tawaf Wada dalam ibadah haji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *