Diskusi

Berikut Ini yang Bukan Merupakan Cara Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Daerah Adalah

×

Berikut Ini yang Bukan Merupakan Cara Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Daerah Adalah

Sebarkan artikel ini

Kebudayaan daerah merupakan pusaka dan warisan tak terhingga dari nenek moyang yang perlu dilestarikan. Kebudayaan itu bisa berupa bahasa, adat, seni, hingga makanan khas daerah. Pada saat ini, banyak upaya dilakukan untuk melestarikan kebudayaan ini. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja yang sebenarnya bukan cara dalam melestarikan kebudayaan?

Sebelumnya, kita perlu memahami terlebih dahulu maksud dari pelestarian kebudayaan. Pelestarian kebudayaan adalah proses untuk menjaga dan merawat warisan budaya kita agar tetap lestari, dan bisa dikenal serta dinikmati oleh generasi berikutnya. Sebagai contoh, bisa berupa menjaga kelestarian bahasa daerah, melakukan festival atau pameran kebudayaan daerah, dan mengajarkan tarian atau lagu daerah kepada generasi muda.

Namun ada sejumlah perilaku atau aktivitas yang justru tidak berkontribusi pada pelestarian kebudayaan daerah. Berikut ini apa saja yang bukan merupakan cara dalam melestarikan kebudayaan daerah:

  1. Menganggap Rendah Kebudayaan Daerah: Memandang rendah atau meremehkan nilai dari kebudayaan daerah justru bisa menjadi ancaman bagi kelestariannya. Hal ini bisa merendahkan rasa cinta terhadap kebudayaan daerah dan justru lebih memfavoritkan kebudayaan asing.
  2. Tidak Menghargai Hak Cipta/Properti Intelektual: Dalam era digital ini, banyak pekerjaan seni atau budaya daerah yang dikomersilkan tanpa menghargai atau memberikan royalti kepada pencipta aslinya. Hal ini bukan merupakan cara yang tepat dalam melestarikan kebudayaan daerah.
  3. Melakukan Modernisasi Berlebihan: Modernisasi atau globalisasi memang tak bisa dihindari. Namun jika dilakukan secara berlebihan dan tanpa batas, hal ini bisa merusak identitas dan ciri khas dari kebudayaan daerah tersebut.
  4. Tidak Menanamkan Nilai Kebudayaan Daerah Kepada Generasi Muda: Kebudayaan daerah bisa punah jika tidak diturunkan dan diajarkan kepada generasi muda. Tidak memberikan edukasi tentang kebudayaan daerah kepada generasi muda bukanlah cara dalam pelestarian kebudayaan daerah.

Jadi, meskipun banyak usaha telah dilakukan dalam rangka pelestarian kebudayaan, ada beberapa hal yang ternyata bukan cara pelestarian, bahkan bisa sangat berbahaya bagi keberlanjutan kebudayaan daerah.

Jadi, jawabannya apa? Pelestarian kebudayaan daerah bukan hanya soal menjaga dan merawatnya, tapi juga bagaimana kita melestarikan dengan cara yang benar dan bertanggung jawab. Kita harus memiliki rasa cinta, rasa bangga, dan rasa hormat terhadap kebudayaan daerah kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *