Diskusi

Sikap Kedua Lutut yang Benar pada Tahap Persiapan Membendung Bola Voli Adalah

×

Sikap Kedua Lutut yang Benar pada Tahap Persiapan Membendung Bola Voli Adalah

Sebarkan artikel ini

Voli adalah olahraga yang kompleks namun menyenangkan yang mengharuskan pemainnya untuk memiliki koordinasi dan keterampilan yang baik. Salah satu aspek penting dalam olahraga ini adalah teknik membendung bola voli, dan kunci utama dari teknik ini terletak pada sikap kedua lutut pada tahap persiapan.

Sikap kedua lutut yang benar pada tahap persiapan membendung bola voli adalah sedikit ditekuk. Lutut yang sedikit ditekuk ini akan memberikan fleksibilitas dan ketangkasan yang diperlukan bagi pemain voli untuk bergerak cepat dan mendapatkan posisi yang benar dalam membendung bola.

Pemain harus selalu berada pada posisi semi-duduk atau jongkok, namun dengan tubuh tetap tegak, dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lutut yang ditekuk akan memungkinkan pemain untuk bergerak cepat ke kanan, kiri, depan, atau belakang dalam usaha untuk membendung bola. Selain itu, dengan posisi lutut yang ditekuk, pemain juga bisa lebih cepat memulihkan posisi dan keseimbangan setelah melakukan aksi membendung bola.

Lutut juga harus ditekuk secara alami dan tidak dipaksa. Posisi lutut yang tidak wajar atau dipaksa dapat mengakibatkan cedera dan berdampak negatif pada performa pemain. Ilustrasi idealnya, lutut tidak harus tegak lurus, tapi dalam sudut yang cukup, sekitar 45 derajat, sehingga pemain masih memiliki kontrol yang baik atas gerakannya.

Posisi lutut ini juga memungkinkan pemain untuk siap dan cepat dalam membendung serangan bola voli yang keras dan tak terduga, dan juga dalam melakukan serangan balik ke lawan. Oleh karena itu, memahami dan menerapkan sikap kedua lutut yang benar saat membendung bola voli adalah kunci utama dalam bermain voli dengan baik dan benar.

Jadi, jawabannya apa? Posisi kedua lutut yang benar pada tahap persiapan membendung bola voli adalah mereka harus dalam posisi sedikit ditekuk dan dibuka selebar bahu, dan ini penting untuk memberikan fleksibilitas, ketangkasan, kemampuan recovery cepat, dan untuk mencegah cedera. Memahami dan menerapkan hal ini akan sangat mempengaruhi penampilan dan keberhasilan pemain voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *