Sekolah

Translasi akan dimulai setelah terdapatnya sinyal berupa adanya kodon asam amino yaitu

×

Translasi akan dimulai setelah terdapatnya sinyal berupa adanya kodon asam amino yaitu

Sebarkan artikel ini

Translasi adalah salah satu proses biologis yang penting dimana asam amino dihubungkan untuk membentuk rantai polipeptida berdasarkan informasi dalam RNA. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian mengenai bagaimana proses translasi dimulai setelah diketahuinya adanya kodon asam amino tertentu.

Kodon Asam Amino

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita memahami apa itu kodon. Kodon adalah kombinasi dari tiga nukleotida yang mewakili satu asam amino tertentu. Nukleotida ini merupakan unit dasar yang membentuk informasi genetik dalam molekul DNA dan RNA.

Proses Translasi

Translasi adalah langkah yang penting dalam ekspresi gen, dimana RNA menjadi protein. Proses ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu inisiasi, elongasi, dan terminasi.

  1. Inisiasi: Tahap ini adalah dimana ribosom mencari kodon awal yang biasanya berupa AUG atau kodon asam amino metionina.
  2. Elongasi: Setelah kodon awal ditemukan, ribosom mulai membaca kodon berikutnya dan menghubungkan asam amino yang sesuai hingga seluruh informasi dalam RNA telah diuraikan.
  3. Terminasi: Proses ini akan berhenti jika ribosom menemukan kodon stop yaitu UAA, UAG, atau UGA, di mana rantai polipeptida akan dilepaskan dari ribosom.

Pertanyaan: Translasi akan dimulai setelah terdapatnya sinyal berupa adanya kodon asam amino yaitu?

Pertanyaan ini mengacu pada tahap inisiasi dalam proses translasi. Translasi akan dimulai setelah terdapatnya sinyal berupa adanya kodon asam amino metionina atau AUG. Kodon ini biasanya akan menjadi titik awal dalam proses translasi.

Jadi, jawabannya apa?

Jawabannya adalah bahwa translasi akan dimulai setelah terdapatnya sinyal berupa adanya kodon asam amino metionina atau AUG. Kodon ini berfungsi sebagai sinyal awal dalam proses translasi yang kemudian dilanjutkan dengan tahap elongasi dan terminasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *