Sekolah

Pada Masa Orde Baru Pemerintah Bertekad Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 Secara

×

Pada Masa Orde Baru Pemerintah Bertekad Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 Secara

Sebarkan artikel ini

Orde Baru adalah periode dalam sejarah politik Indonesia sejak Presiden Soeharto naik ke tampuk kekuasaan setelah peristiwa G30S hingga akhir periode kepresidenannya pada tahun 1998. Pada masa ini, pemerintahan Soeharto berusaha untuk menerapkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) secara maksimal dalam tata kelola negara.

Pada masa Orde Baru, pemerintah menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalam bidang politik dan pemerintahan. Implementasi Pancasila sebagai dasar negara diharapkan dapat mendorong terciptanya suasana harmonis dan stabil dalam masyarakat, dan oleh karena itu, ideologi ini diharapkan dapat menjadi pengikat bernegara.

Selanjutnya, dalam rangka menerapkan UUD 1945, pemerintah Orde Baru melakukan berbagai perubahan untuk memperkuat konstitusi tersebut. Berbagai amendemen dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat peran eksekutif dan memberi legitimasi konstitusional pada berbagai kebijakan pemerintah.

Meski pelaksanaannya diragukan oleh sebagian elemen masyarakat, pemerintah Orde Baru tetap meyakini bahwa penerapan Pancasila dan UUD 1945 secara maksimal merupakan bentuk upaya dalam menjaga stabilitas nasional dan pembangunan negara. Pancasila diharapkan dapat menjadi penangkal terhadap berbagai ideologi yang dianggap dapat mengancam keutuhan NKRI.

Pada Masa Orde Baru Pemerintah Bertekad Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 Secara… apa?

Pada masa Orde Baru, Orde Baru bertekad melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara maksimal dan total dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Inilah yang menjadi landasan mereka dalam setiap pengambilan kebijakan dan dalam menjaga stabilitas nasional.

Jadi, jawabannya apa?

Jawabannya ialah, pada masa Orde Baru, pemerintah Indonesia berusaha melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara maksimal dalam rangka pembentukan suatu sistem politik yang stabil dan dinamis. Untuk mencapai hal tersebut, berbagai kebijakan dan perubahan dilakukan, termasuk melakukan amendemen pada UUD 1945 dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *