Sosial

Sebuah Motor Melaju dengan Kecepatan 90 km per Jam jika Dinyatakan dalam SI Adalah

×

Sebuah Motor Melaju dengan Kecepatan 90 km per Jam jika Dinyatakan dalam SI Adalah

Sebarkan artikel ini

Sebuah motor yang melaju dengan kecepatan 90 kilometer per jam (km/jam) terdengar seakan-akan suatu kondisi biasa. Bagaimanapun, apabila kita berbicara mengenai kecepatan dalam fisika, terdapat standar pengukuran yang diterima secara internasional, yaitu sistem SI (Système International d’unités). Lalu, bagaimana cara mengkonversi kecepatan tersebut ke dalam SI?

Satuan Kecepatan dalam SI

Perlu diketahui bahwa dalam sistem SI, satuan kecepatan adalah meter per detik (m/s). Oleh karena itu, perlu ada konversi dari km/jam ke m/s.

Konversi ke SI

Mari kita ubah kecepatan motor tersebut menjadi SI. Satu kilometer cukup sama dengan 1000 meter dan satu jam adalah sama dengan 3600 detik. Jadi, jika kita ingin mengubah km/jam menjadi m/s, kita harus membagi jumlah kilometer dengan jumlah detik.

Jadi, untuk mengkonversi kecepatan 90 km/jam menjadi SI, kita menggunakan rumus:

Kecepatan dalam SI = Kecepatan dalam km/jam * (1000 m / 1 km) / (3600 s / 1 jam)

Maka,

Kecepatan dalam SI = 90 km/jam * (1000 m / 1 km) / (3600 s / 1 jam)

Kecepatan dalam SI = 25 m/s

Dengan demikian, kecepatan motor yang melaju dengan kecepatan 90 km/jam, jika dinyatakan dalam sistem SI, adalah 25 meter per detik.

Kesimpulan

Pemahaman tentang konversi satuan sangat penting dalam fisika dan banyak bidang lainnya. Dalam kasus ini, kita telah mengubah kecepatan motor dari kilometer per jam menjadi meter per detik. Dengan pengetahuan ini, kita dapat lebih memahami dan menganalisis fenomena fisika dengan lebih efektif.

Jadi, jawabannya apa? Sebuah motor melaju dengan kecepatan 90 km per jam, jika dinyatakan dalam SI, adalah 25 meter per detik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *