Ilmu

Pada Saat Islam Datang di Bumi Nusantara, Masyarakat Kita Pada Saat Itu …

×

Pada Saat Islam Datang di Bumi Nusantara, Masyarakat Kita Pada Saat Itu …

Sebarkan artikel ini

Dalam rentang sejarah yang panjang ini, beragam perubahan terjadi dan beraneka rupa budaya mulai berkembang, salah satunya adalah dengan datangnya Islam di Bumi Nusantara. Pada masa itu, beragam drama sosial, budaya dan ulasan spiritual terjadi dan mengubah totalitas persepsi dan cara hidup masyarakat kita. Penelitian ini berusaha menelusuri, ketika Islam datang di Bumi Nusantara, bagaimanakah kondisi masyarakat kita pada saat itu?

Era Pra-Islam di Nusantara

Sebelum Islam masuk ke Nusantara, masyarakat kita hidup dalam kepercayaan animisme, dinamisme, dan Hindu-Buddha. Animisme dan dinamisme merupakan kepercayaan terhadap roh dan kekuatan alam, sedangkan Hindu-Buddha adalah agama yang diperkenalkan oleh pedagang-pedagang dari India.

Penyebaran Islam ke Nusantara

Menurut cerita rakyat dan beberapa dokumen sejarah, penyebaran Islam di Nusantara dimulai sekitar abad ke-13 dan datang melalui jalur perdagangan. Pedagang-pedagang Muslim dari Arab, Persia, India dan China sering kali visitasi Nusantara dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Perubahan di Masyarakat

Penyebaran Islam di Nusantara kemudian memengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat. Dalam hal ekonomi, memiliki hubungan perdagangan dengan kerajaan-kerajaan Islam lainnya membantu kerajaan-kerajaan Nusantara tumbuh dan berkembang. Secara sosial, Islam membawa perubahan pada tata cara hidup masyarakat. Tidak hanya dalam hal peribadatan, tetapi juga hukum-hukum Islam reshaped the societal values and practices in a significant way.

Pandangan dunia yang lebih inklusif dan egaliter juga menjadi salah satu terobosan yang dibawa oleh Islam. Menghancurkan batasan kasta dan golongan yang sebelumnya ada dalam masyarakat, menghargai setiap individu berdasarkan postur moralnya, dan menunjukkan kesetaraan antara manusia.

Kesimpulan

Dengan dilihat dari kehidupan masyarakat pada saat itu, datangnya Islam membawa banyak perubahan yang signifikan bagi Nusantara. Baik dari aspek ekonomi, sosial, maupun budaya, penerimaan terhadap agama baru ini memainkan peran penting dalam membentuk identitas dan karakter Bangsa Indonesia saat ini.

Jadi, jawabannya apa? Masyarakat Nusantara saat Islam datang mengalami perubahan yang revolusioner dan transformasional, perubahan tersebut membentuk landasan bagi identitas serta keberagaman yang dihargai oleh bangsa Indonesia sampai saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *