Budaya

Dua Puluh Persen Dari Suatu Bilangan Adalah 4. Berapakah Nilai Bilangan Tersebut?

×

Dua Puluh Persen Dari Suatu Bilangan Adalah 4. Berapakah Nilai Bilangan Tersebut?

Sebarkan artikel ini

Pernahkah Anda berbuat dengan sebuah permasalahan matematika seperti ini: “dua puluh persen dari suatu bilangan adalah 4. Berapakah nilai bilangan tersebut?” Walaupun terdengar membingungkan, sebenarnya permasalahan ini sangat sederhana dan dapat diselesaikan dengan cepat jika kita memahami dasar-dasar matematika. Mari kita coba selesaikan permasalahan ini bersama-sama.

Mengerti Persen

Sebelum kita memulai, yang perlu dimengerti adalah konsep persen. Persen berarti setiap bagian dari seratus. Oleh karena itu, saat kita mengatakan 20%, artinya adalah 20 bagian dari seratus atau 20/100.

Mencari Bilangan

Sekarang, mari kita beralih ke pertanyaan kita: “dua puluh persen dari suatu bilangan adalah 4. Berapakah nilai bilangan tersebut?”

Mula-mula, kita tahu bahwa 20% dari bilangan kita adalah 4. Ini bisa kita tuliskan sebagai rumus matematika:

0,2 * X = 4

Dimana X adalah bilangan yang kita cari. Sekarang kita hanya perlu memecahkan rumus ini dan menemukan nilai X. Untuk melakukannya, kita dibagi kedua sisi rumus tersebut dengan 0,2.

Kita mendapatkan:

X = 4 / 0,2

Dengan cara ini, kita menemukan bahwa bilangan yang kita cari adalah 20.

Kesimpulan

Memecahkan permasalahan seperti ini sebenarnya cukup sederhana jika anda memahami dasar-dasar persen dan bagaimana untuk mengoperasikannya dalam sebuah rumus matematika. Dalam hal ini, dua puluh persen dari suatu bilangan adalah 4, berarti nilai bilangan tersebut adalah 20.

Jadi, jawabannya apa? Bilangan tersebut adalah 20.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *