Budaya

Buatlah Tabel yang Menunjukkan Pengelompokan Vertebrata dengan Ciri-Ciri Utamanya

×

Buatlah Tabel yang Menunjukkan Pengelompokan Vertebrata dengan Ciri-Ciri Utamanya

Sebarkan artikel ini

Vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Kelompok ini mencakup hampir seluruh hewan besar yang kita kenal. Vertebrata dibagi menjadi lima kelompok yaitu Mammalia (mamalia), Aves (burung), Reptilia (reptil), Amphibia (amfibi), dan Pisces (ikan). Berikut ini adalah tabel yang memperlihatkan pengelompokan vertebrata beserta ciri-ciri utama dari setiap kelompok:

Kelompok Ciri-Ciri Utamanya
Mammalia (Mamalia) Hewan berdarah panas, menyusui anak-anaknya, memiliki rambut atau bulu, dan biasanya melahirkan anak (vivipar)
Aves (Burung) Hewan berdarah panas, memiliki paruh dan bulu, telur bertelur dan biasanya bisa terbang
Reptilia (Reptil) Hewan berdarah dingin, memiliki kulit yang ditutupi oleh sisik, sebagian besar bertelur dan banyak yang bisa hidup di darat dan air
Amphibia (Amfibi) Hewan berdarah dingin, memiliki tahap kehidupan di air dan di darat, kulit lembab dan tanpa rambut atau bulu, dan biasanya bertelur di air
Pisces (Ikan) Hewan berdarah dingin, hidup di air, memiliki insang untuk bernapas, dan tubuh ditutupi oleh sisik

Masing-masing kelompok vertebrata memiliki ciri khas, baik dalam hal struktur fisik, metode reproduksi dan perilaku. Meskipun ada variasi di dalam setiap grup, ciri-ciri umum ini dapat membantu kita mengidentifikasi dan mengklasifikasikan hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *