Ilmu

Organel Sel yang Letaknya Dekat Nukleus dan Banyak Ditempeli oleh Ribosom adalah

×

Organel Sel yang Letaknya Dekat Nukleus dan Banyak Ditempeli oleh Ribosom adalah

Sebarkan artikel ini

Pada tiap sel hidup, ada sebuah dunia mikroskopis yang penuh dengan organel-organel sel, struktur kecil yang melakukan tugas-tugas penting untuk kehidupan sel itu sendiri. Keberadaan mereka, fungsi, dan interaksi mereka mendukung fungsi sehari-hari dari setiap organ dan sistem dalam tubuh. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis organel sel yang letaknya dekat nukleus dan banyak ditempeli oleh ribosom.

Organel yang letaknya dekat nukleus dan banyak ditempeli oleh ribosom adalah retikulum endoplasma kasar (rough endoplasmic reticulum atau RER). Retikulum endoplasma adalah jaringan membran interkoneksi yang melibatkan vakuola, vesikula, dan organ sel lainnya. Ada dua jenis retikulum endoplasma, yaitu kasar (rough) dan halus (smooth). Namun, yang secara khusus ditempeli oleh ribosom adalah retikulum endoplasma kasar.

Reticulum Endoplasmic Rough

Retikulum Endoplasma Kasar (RER)

Retikulum Endoplasma Kasar dinamakan demikian karena permukaannya yang kasar akibat adanya ribosom yang menempel pada permukaan luar. Ribosom adalah bagian dari sel yang bertugas untuk membuat protein. Oleh karena itu, RER memiliki peran yang sangat penting dalam sintesis protein.

Retikulum endoplasma kasar yang berdekatan dengan nukleus, memungkinkan retikulum ini untuk mengendalikan sintesis protein secara langsung melalui mRNA (messenger ribonucleic acid) yang diproduksi oleh nukleus. mRNA menyalurkan informasi genetik dari DNA di dalam nukleus ke ribosom di RER, yang kemudian membaca informasi ini dan menyusun asam amino ke dalam rantai protein sesuai perintah.

Fungsi Retikulum Endoplasma Kasar

Fungsi utama RER adalah untuk mensintesis protein yang akan disekresikan oleh sel atau digunakan di dalam sel lain. Protein yang dibuat di ribosom yang menempel pada RER dibawa oleh vesikel ke Apparat Golgi, di mana mereka disusun dan dimodifikasi sebelum didistribusikan ke tujuan akhir mereka.

Retikulum endoplasma kasar juga berfungsi sebagai penyimpan (reservoir) ion kalsium, berpartisipasi dalam metabolisme lipid, dan degradasi protein.

Kesimpulan:

Dalam Anda mengidentifikasi organel sel yang letaknya dekat nukleus dan banyak ditempeli oleh ribosom, penting untuk mengingat betapa unik dan pentingnya peran retikulum endoplasma kasar dalam sintesis protein. Dalam setiap organisme, maka fungsi sel dan kesehatan secara umum sebagian besar tergantung pada aktivitas dan efisiensi organel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *