Sosial

Seorang Pelari Akan Didiskualifikasi Apabila Melakukan Kesalahan Start Sebanyak

×

Seorang Pelari Akan Didiskualifikasi Apabila Melakukan Kesalahan Start Sebanyak

Sebarkan artikel ini

Dalam bidang atletik, khususnya lomba lari, ada banyak aturan yang harus dipatuhi oleh para peserta. Salah satunya adalah aturan terkait start atau saat bergerak sebelum pisau start jatuh. Seorang pelari mungkin bertanya, “Seorang pelari akan didiskualifikasi apabila melakukan kesalahan start sebanyak berapa kali?”

Aturan Start dalam Lomba Lari

Aturan start dalam lomba lari ditetapkan oleh Asosiasi Atletik Internasional (IAAF) dan difasilitasi oleh starter, orang yang mengontrol start pada lomba tersebut. Tujuan utama aturan ini adalah untuk memastikan bahwa semua pelari memiliki start yang adil dan sama.

Kesalahan Start dan Diskualifikasi

Kesalahan start, atau dalam bahasa Inggris disebut false start, terjadi ketika seorang pelari bergerak dari garis start sebelum pistol start ditembakkan. Ini dianggap sebagai upaya untuk mendapatkan keuntungan dengan memulai lebih awal dari pesaing.

Menurut aturan yang diberlakukan oleh IAAF sejak tahun 2010, apabila seorang pelari melakukan kesalahan start, pelari tersebut akan langsung di diskualifikasi. Jadi, tidak ada toleransi untuk kesalahan start. Di masa lalu, ada peraturan yang memberikan toleransi satu kesalahan start sebelum pelari didiskualifikasi. Tetapi, peraturan tersebut telah diubah untuk mencegah penyalahgunaan dan menjaga adanya kesetaraan diantara para pelari.

Menjaga Fokus dan Konsentrasi

Dengan adanya aturan yang ketat terkait kesalahan start, para pelari dituntut untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus mereka saat berada di garis start. Sekecil apapun gerakan sebelum pistol start ditembakkan, dapat berakibat diskualifikasi. Oleh karenanya, sangat diharapkan bagi para pelari untuk memahami dan menghargai aturan yang ada.

Jadi, jawabannya apa? Seorang pelari akan didiskualifikasi apabila melakukan kesalahan start sebanyak satu kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *