Sekolah

Apabila Wasit Mengeluarkan Kartu Kuning kepada Pemain, Maka yang Terjadi Adalah

×

Apabila Wasit Mengeluarkan Kartu Kuning kepada Pemain, Maka yang Terjadi Adalah

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia sepak bola, pengaturan permainan bukan hanya berlaku pada para pemain di lapangan, tetapi juga pada wasit yang berperan sebagai regulator utama dalam olahraga ini. Salah satu instrumen yang dimiliki oleh wasit untuk mengontrol jalannya pertandingan adalah kartu. Ada dua jenis kartu yang dimiliki oleh wasit, yaitu kartu merah dan kartu kuning. Tetapi, apabila wasit mengeluarkan kartu kuning kepada pemain, maka yang terjadi adalah?

Definisi dan Fungsi Kartu Kuning

Sebelum membahas lebih lanjut, penting untuk mengenal apa itu kartu kuning. Kartu kuning merupakan salah satu kartu yang dapat dikeluarkan oleh wasit sepak bola kepada pemain yang melakukan pelanggaran tertentu, namun tidak cukup serius untuk mendapatkan kartu merah.

Kartu kuning biasa dikeluarkan dalam permainan sepak bola sebagai peringatan pertama untuk pemain yang telah melakukan pelanggaran. Secara umum, kartu kuning diberikan kepada pemain yang menunjukkan perilaku tidak sportif, melanggar peraturan pertandingan, melakukan protes berlebihan, mengulangi melanggar peraturan, menunda restart permainan, dan tidak menjaga jarak dalam situasi bola mati seperti tendangan bebas dan tendangan sudut.

Skorsing dan Konsekuensinya

Ketika wasit mengeluarkan kartu kuning kepada pemain, pemain tersebut mendapatkan peringatan dan dimasukkan ke dalam buku catatan wasit. Jika pemain tersebut melakukan pelanggaran lain yang layak mendapatkan kartu kuning dalam pertandingan yang sama, maka wasit akan mengeluarkan kartu kuning kedua, yang secara otomatis merubahnya menjadi kartu merah. Hal ini berarti pemain tersebut harus meninggalkan lapangan dan tidak dapat berpartisipasi lagi dalam pertandingan tersebut.

Kenapa wasit mengeluarkan kartu kuning? Intinya, wasit mengeluarkan kartu kuning sebagai cara untuk menjaga agar pertandingan tetap adil dan dalam batas aturan permainan. Wasit memiliki kewenangan penuh dalam pencegahan tindakan-tindakan yang tergolong tidak adil atau berbahaya.

Namun, konsekuensi kartu kuning tidak hanya berhenti di lapangan. Menurut aturan sepak bola, jika seorang pemain mendapatkan jumlah tertentu dari kartu kuning dalam beberapa pertandingan, pemain tersebut dapat menghadapi skorsing dan tidak diizinkan bermain dalam jumlah pertandingan tertentu di masa mendatang.

Kesimpulan

Jadi, apabila wasit mengeluarkan kartu kuning kepada pemain, pemain tersebut mendapat peringatan dan tindak pelanggarannya dicatat. Jika pelanggaran berlanjut, ia bisa dikeluarkan dari pertandingan. Selain itu, akumulasi kartu kuning juga bisa berakibat pada skorsing pada pertandingan-pertandingan selanjutnya. Oleh karena itu, para pemain harus bermain dengan seadil mungkin dan menghindari melakukan pelanggaran untuk menghindari konsekuensi dari kartu kuning.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *