Sosial

Pasangan Gen yang Terletak dalam Lokus yang Sama pada Kromosom Homolog Disebut

×

Pasangan Gen yang Terletak dalam Lokus yang Sama pada Kromosom Homolog Disebut

Sebarkan artikel ini

Dalam bidang genetika, istilah dan konsep seringkali bisa membuat Anda bingung. Namun, beberapa pemahaman dasar tentang struktur dan fungsi gen dapat membantu menjelaskan konsep yang mungkin awalnya tampak rumit. Sebagai contohnya, mari kita jelajahi pertanyaan, “Pasangan gen yang terletak dalam lokus yang sama pada kromosom homolog disebut apa?”

Pengertian Genetika Dasar

Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, perlu untuk mencakup beberapa dasar genetika. Organisme memiliki dua set gen yang masing-masing berasal dari salah satu orang tua. Setiap gen dalam organisme terletak pada posisi spesifik dalam kromosom, yang dikenal sebagai lokus. Kromosom yang sama dari pasangan kromosom homolog memiliki urutan gen yang sama tetapi mungkin memiliki variasi dalam gen yang sebenarnya.

Sedikit lebih rumit dari itu, kita punya apa yang disebut dengan alel, yaitu varian dari gen yang sama. Alel ini secara fisik berada pada lokus yang sama pada setiap kromosom dalam pasangan kromosom homolog.

Pasangan Gen yang Terletak dalam Lokus yang Sama pada Kromosom Homolog Disebut Apa?

Seperti disebutkan sebelumnya, gen dapat memiliki variasi atau “versi” berbeda yang dikenal sebagai alel. Pasangan gen ini yang terletak dalam lokus yang sama pada kromosom homolog dikenal sebagai gen alel. Gen ini, yang berasal dari kedua orang tua dan berada dalam lokus yang sama pada kromosom, dapat memiliki varian yang serupa atau berbeda.

Setiap organisme memiliki dua alel untuk setiap gen, salah satunya berasal dari ibu, dan yang lainnya berasal dari ayah. Pasangan alel ini kemudian menentukan sifat yang akan dimiliki oleh organisme, seperti warna mata atau jenis rambut.

Dalam genetika, pengecualian untuk hukum ini ditemukan di gen yang berada dalam kromosom seks, di mana alel mungkin tidak berpasangan.

Dengan pengetahuan dasar ini, kita dapat melihat bahwa genetika adalah bidang yang kompleks, tetapi pemahaman dasar tentang gen, alel, dan kromosom dapat membantu kita dalam memahaminya.

Jadi, jawabannya apa? Pasangan gen yang terletak dalam lokus yang sama pada kromosom homolog dikenal sebagai gen alel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *