Sosial

Struktur Dasar Sel Baik Sel Tumbuhan maupun Sel Hewan Dari yang Terluar Adalah

×

Struktur Dasar Sel Baik Sel Tumbuhan maupun Sel Hewan Dari yang Terluar Adalah

Sebarkan artikel ini

Setiap organisme hidup di Bumi terdiri dari sel. Sel adalah unit dasar kehidupan yang merupakan komponen utama dalam struktur dan fungsi organisme. Ada dua jenis sel utama: sel hewan dan sel tumbuhan. Meskipun memiliki banyak kesamaan, struktur mereka memiliki beberapa perbedaan penting.

Struktur dasar sel secara umum bisa diibaratkan seperti bola yang memiliki beberapa lapisan dan setiap lapisan memiliki fungsi tersendiri. Meski memiliki banyak lapisan dan komponen, pertanyaan yang muncul adalah: Apakah struktur dasar sel baik sel tumbuhan maupun sel hewan dari yang terluar adalah?

Struktur dasar sel baik sel tumbuhan maupun sel hewan dari lapisan paling luarnya adalah Membran Sel atau Membran Plasma. Lapisan ini berfungsi sebagai barier pelindung yang memisahkan isi sel dari lingkungan eksternalnya.

Membran sel ini terdiri dari lapisan ganda fosfolipid, yaitu molekul dengan kepala hidrofilik dan ekor hidrofobik. Membran ini juga dilengkapi dengan protein yang memiliki berbagai fungsi, termasuk transportasi molekul, komunikasi sel, dan lainnya.

Selanjutnya, struktur sel tumbuhan dan hewan mulai menunjukkan perbedaan. Sel tumbuhan memiliki struktur tambahan yang disebut dinding sel tepat di luar membran sel. Dinding sel ini memberikan kekakuan dan dukungan struktural bagi sel tumbuhan. Selain itu, dinding sel juga berfungsi sebagai barier pelindung tambahan. Ini adalah fitur yang tidak dimiliki oleh sel hewan.

Di dalam membran sel, baik sel tumbuhan maupun sel hewan memiliki berbagai organel, seperti inti sel, mitokondria, retikulum endoplasma, aparatus Golgi, dan lainnya. Setiap organel ini memiliki fungsi spesifik dalam membantu sel bekerja dan bertahan hidup.

Jadi, itu dia struktur dasar sel baik sel tumbuhan maupun sel hewan, di mulai dari struktur paling luar hingga ke dalam. Masing-masing lapisan dan struktur memiliki fungsi yang penting dan mendukung kehidupan sel.

Jadi, jawabannya apa?

Struktur dasar sel baik sel tumbuhan maupun sel hewan dari yang terluar adalah Membran Sel atau Membran Plasma. Namun, perlu diingat bahwa sel tumbuhan juga memiliki Dinding Sel sebagai lapisan pelindung tambahan yang tidak dimiliki oleh sel hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *