Ilmu

Posisi Suatu Wilayah Dilihat Dari Garis Lintang dan Garis Bujur Disebut Letak

×

Posisi Suatu Wilayah Dilihat Dari Garis Lintang dan Garis Bujur Disebut Letak

Sebarkan artikel ini

Garis lintang dan garis bujur adalah komponen penting pada sistem koordinat geografis yang kita gunakan untuk mencari letak suatu wilayah di atas permukaan bumi. Posisi suatu wilayah yang diidentifikasikan dengan menggunakan sistem ini biasa disebut dengan letak geografis wilayah tersebut.

Garis Lintang dan Garis Bujur, Apa Itu?

Untuk lebih memahami letak suatu wilayah, pertama kita perlu memahami apa itu garis lintang dan garis bujur.

Garis lintang adalah garis imajiner yang mengelilingi Bumi secara horizontal. Garis ini digunakan untuk menunjukkan lokasi dari utara ke selatan. Titik awal pengukuran garis lintang adalah garis Khatulistiwa, yang diberikan angka 0 derajat. Semakin jauh dari garis Khatulistiwa, baik ke arah kutub utara maupun kutub selatan, nilai derajatnya akan semakin besar hingga mencapai angka 90 derajat di kutub-kutub.

Sementara itu, garis bujur adalah garis vertikal yang mengelilingi Bumi. Garis bujur digunakan untuk menunjukkan posisi dari barat ke timur. Titik nol untuk garis bujur diukur dari Greenwich, Inggris, yang dikenal sebagai Meridian Utama atau Greenwich Meridian. Seperti halnya garis lintang, nilai garis bujur akan bertambah seiring dengan jarak yang semakin jauh dari Meridian Utama, dengan maksimum mencapai 180 derajat.

Menentukan Letak Suatu Wilayah

Menggunakan kedua garis ini, kita dapat menentukan letak suatu wilayah dengan presisi. Posisi longitude dan latitude suatu wilayah menjadi koordinat yang mendefinisikan letaknya pada peta dunia. Misalnya, letak Jakarta, Indonesia memiliki koordinat 6.2088° lintang selatan (LS) dan 106.8456° bujur timur (BT). Koordinat ini digunakan untuk menandai tepatnya lokasi Jakarta pada peta dunia.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara perhitungan ini bekerja sama seperti penggunaan grid di peta. Peta dunia dibagi menjadi banyak bagian kecil berbentuk persegi panjang menggunakan garis-garis lintang dan bujur. Masing-masing kota atau wilayah ditempatkan dalam suatu petak tertentu yang koordinatnya ditentukan oleh garis lintang dan bujur.

Jadi, apa jawabannya? Posisi suatu wilayah dilihat dari garis lintang dan garis bujur disebut letak. Menggunakan sistem garis lintang dan bujur, kita dapat menentukan letak suatu wilayah dengan presisi dan akurat. Dengan pengetahuan ini, kita dapat melacak dan mencari lokasi apa pun di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *