Diskusi

Pembukaan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 Terdiri Atas … Alinea

×

Pembukaan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 Terdiri Atas … Alinea

Sebarkan artikel ini

Konstitusi suatu negara merupakan petunjuk utama dalam penyelenggaraan negara, mengatur segenap urusan negara, termasuk hak dan kewajiban warganya. Di Indonesia, konstitusi dikenal dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau biasa disingkat UUD 1945. Pembukaan UUD 1945 menjadi bagian yang sangat penting karena berisi tentang nilai-nilai dasar, tujuan, dan cita-cita bangsa.

Pembukaan UUD 1945 terdiri atas empat alinea. Keempat alinea ini memuat ideologi negara, tujuan negara, dan dasar negara, serta mencakup persetujuan pengakuan bangsa lain dan mengatur sekaligus mencakup rumusan Pancasila.

  • Alinea Pertama berisi tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Soekarno dan Hatta pada 17 Agustus 1945.
  • Alinea Kedua menjelaskan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hak segala bangsa dan seluruh penjajahan di dunia harus dihapuskan.
  • Alinea Ketiga merupakan bagian dari UUD 1945 yang menjelaskan tujuan Indonesia merdeka. Bangsa Indonesia menciptakan peraturan hukum dasar negeri Indonesia yang berdasarkan pada keadilan sosial.
  • Alinea Keempat berisi tentang tujuan Republik Indonesia, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Bagi Indonesia, pembukaan UUD 1945 ini menjadi semacam janji suci yang ditujukan bukan hanya untuk rakyatnya sendiri, namun juga bagi dunia internasional.

Pertanyaan: Pembukaan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 terdiri atas … Alinea?

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan sebelumnya, dapat diketahui bahwa Pembukaan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 terdiri atas empat alinea. Setiap alinea memiliki arti dan makna tersendiri yang mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan cita-cita serta tujuan negara.

Jadi, jawabannya apa? Pembukaan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 terdiri atas empat alinea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *