Diskusi

Jaringan pada Akar yang Berfungsi Sebagai Penyimpan Cadangan Makanan Adalah

×

Jaringan pada Akar yang Berfungsi Sebagai Penyimpan Cadangan Makanan Adalah

Sebarkan artikel ini

Pada kehidupan tumbuhan, khususnya tumbuhan yang berkembang biak secara generatif, akar merupakan bagian yang sangat penting. Tidak hanya berfungsi untuk menopang tumbuhan dan menyerap air serta mineral dari tanah, akar juga memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Lantas, jaringan pada akar yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan adalah apa?

Jaringan yang Berperan Penting

Jaringan pada akar yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan adalah jaringan parenkim. Jaringan ini terdapat pada semua organ tumbuhan, termasuk akar. Jaringan parenkim memiliki sel yang berbentuk isodiametris, yaitu memiliki bentuk yang hampir sama di semua sisi. Sel parenkim juga adalah jenis sel yang paling banyak ditemui pada tubuh tumbuhan.

Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim pada akar tumbuhan berfungsi sebagai tempat untuk cadangan makanan. Sel parenkim di akar, terutama yg tertanam dalam tumbuhan dikotil dan memiliki jaringan pembuluh yang lengkap, mampu menyimpan makanan berupa karbohidrat, lemak, dan protein. Makanan tersebut akan menjadi cadangan yang akan digunakan saat tumbuhan tidak mendapatkan asupan nutrisi atau pada saat tumbuhan berada pada kondisi stress, seperti pada saat musim kering.

Sel-sel parenkim di dalam akar tumbuhan biasanya mampu melakukan fotosintesis, walaupun dengan intensitas yang lebih rendah dibandingkan dengan daun. Faktanya, sel-sel pada jaringan parenkim diorganisir sedemikian rupa sehingga mampu melakukan fotosintesis serta fungsi-fungsi lain seperti menyimpan cadangan makanan.

Keberagaman Fungsi Jaringan Parenkim

Walaupun jaringan parenkim pada akar terutama berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan, jaringan ini juga memiliki fungsi-fungsi lain. Di antaranya adalah berperan dalam proses fotosintesis, respirasi, dan transpirasi. Jaringan parenkim juga memegang peran penting dalam proses pertumbuhan dan regenerasi tumbuhan.

Dengan berbagai fungsi tersebut, tidaklah mengherankan jika jaringan parenkim sangat berperan penting dalam kehidupan suatu tumbuhan. Cadangan makanan yang tersimpan di dalam jaringan parenkim tidak hanya penting bagi tumbuhan itu sendiri, tapi juga bagi hewan dan manusia yang mengonsumsi tumbuhan tersebut.

Jadi, jawabannya apa? Jaringan pada akar yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan adalah jaringan parenkim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *