Sosial

Struktur Organisasi yang Banyak Digunakan Diberbagai Organisasi Antara Lain

×

Struktur Organisasi yang Banyak Digunakan Diberbagai Organisasi Antara Lain

Sebarkan artikel ini

Struktur organisasi merupakan salah satu elemen penting dalam suatu organisasi. Struktur ini penting karena mempengaruhi strategi, perilaku, dan kinerja organisasi secara keseluruhan. Tanpa struktur yang baik dan efektif, akan sulit bagi organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Berikut ini adalah beberapa jenis struktur organisasi yang sering digunakan oleh berbagai organisasi.

1. Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional adalah struktur yang banyak digunakan di banyak organisasi, terutama di organisasi yang berfokus pada efisiensi dan spesialisasi. Di dalam organisasi dengan struktur ini, staf dibagi menjadi departemen berdasarkan fungsinya, seperti sumber daya manusia, IT, keuangan, pemasaran dan sebagainya.

2. Struktur Organisasi Divisonal

Struktur organisasi divisonal mengelompokkan karyawan berdasarkan produk atau proyek yang mereka kerjakan atau berdasarkan lokasi geografis. Struktur ini cocok digunakan dalam organisasi berskala besar yang memiliki sejumlah unit atau divisi yang operasionalnya diferensiasi.

3. Struktur Organisasi Matrix

Struktur organisasi matrix adalah gabungan dari struktur fungsional dan divisonal. Dalam struktur ini, karyawan dapat memiliki dua atasan atau lebih. Misalnya, seorang karyawan dalam divisi penjualan mungkin harus bertanggung jawab kepada manajer penjualan regional dan manajer penjualan produk.

4. Struktur Organisasi Flat

Struktur organisasi flat, juga dikenal sebagai struktur horisontal, memiliki sedikit atau tidak ada tingkat manajemen antara staf dan eksekutif. Tujuan dari struktur ini adalah untuk memberdayakan karyawan dan menjadikan mereka lebih berperan dalam proses pengambilan keputusan.

5. Struktur Organisasi Jaringan

Dalam struktur organisasi jaringan, pekerjaan dapat didistribusikan ke perusahaan lain melalui outsourcing, atau pekerjaan dapat diselesaikan oleh individu yang bekerja secara jarak jauh. Struktur ini memungkinkan perusahaan untuk berfokus pada apa yang mereka lakukan dengan baik dan meng-outsource fungsi atau proyek lain ke perusahaan yang lebih mengkhusus dalam bidang tersebut.

Setiap struktur organisasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan struktur organisasi yang tepat sangat penting bagi suksesnya sebuah organisasi.

Jadi, jawabannya apa? Pemilihan struktur organisasi terbaik sangat tergantung pada tujuan, skala, dan kebutuhan spesifik dari setiap organisasi. Penting untuk memilih struktur yang paling sesuai dengan tujuan dan sifat dari organisasi itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *