Sekolah

File Ekstensi Standar Penyimpanan MS. Word yang Sering Digunakan adalah

×

File Ekstensi Standar Penyimpanan MS. Word yang Sering Digunakan adalah

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia teknologi dan informatika, penggunaan aplikasi pengolah kata atau word processor sangat penting. Salah satu yang paling populer dan banyak digunakan adalah Microsoft Word. Microsoft Word diketahui memiliki berbagai ekstensi file atau jenis format penyimpanan dokument, namun ada beberapa yang menjadi standar dan sering digunakan oleh pengguna.

Apa itu File Ekstensi?

Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu memahami apa itu file ekstensi. Ekstensi file adalah tanda atau kode yang biasanya terdiri dari tiga atau lebih karakter di akhir nama file, yang menunjukkan format atau jenis file tersebut. Ekstensi file ini penting karena menentukan bagaimana sistem operasi Anda akan berinteraksi dengan file tersebut dan aplikasi apa yang dapat membuka format file tersebut.

Ekstensi Standar Penyimpanan MS Word

Microsoft Word memiliki beberapa format atau ekstensi file yang berbeda. Namun, beberapa format yang paling sering digunakan oleh pengguna MS Word adalah:

  1. .DOC: Ini adalah format file Word lama yang digunakan dalam Microsoft Word 97-2003. Meskipun usang, tetapi masih digunakan luas serta dapat dibuka dan disimpan oleh hampir semua versi Microsoft Word.
  2. .DOCX: Ini adalah format file default dan standar untuk dokumen Microsoft Word sejak rilis MS Word 2007. Format “.docx” adalah bagian dari Microsoft Office Open XML spesifikasi (OXML) dan memungkinkan dokumen untuk memiliki ukuran file yang lebih kecil dan lebih baik untuk deteksi kesalahan.
  3. .DOTX/DOTM: Format ini digunakan untuk template MS Word, yang digunakan sebagai titik awal untuk membuat dokumen baru yang mana pengaturannya sama dengan template tersebut.
  4. .RTF : Rich Text Format adalah jenis format lainnya yang hampir dapat dibuka oleh setiap aplikasi pengolah kata, meskipun ini bukan pilihan populer bagi pengguna MS Word.

Sebagian besar waktu, pengguna MS Word akan bekerja dengan ekstensi .docx karena merupakan default dan pilihan yang sangat kompatibel dan aman untuk kebanyakan situasi.

Jadi, jawabannya apa? Ekstensi file standar dan yang sering digunakan dalam penyimpanan dokumen Microsoft Word adalah .DOCX. Format ini sudah menjadi standar penyimpanan dokumen MS. Word sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *