Ilmu

Bangga Memakai Sepatu Buatan Indonesia Sesuai Dengan Sila Yang Berbunyi

×

Bangga Memakai Sepatu Buatan Indonesia Sesuai Dengan Sila Yang Berbunyi

Sebarkan artikel ini

Indonesia adalah negara yang dikenal sebagai penghasil aneka ragam produk berkualitas, salah satunya adalah sepatu. Sepatu buatan Indonesia sudah banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas, baik dalam maupun luar negeri. Namun, bangga memakai sepatu buatan Indonesia bukan hanya soal menghargai karya anak negeri, tetapi juga sesuatu yang sejalan dengan salah satu sila dalam Pancasila. Sebaiknya, sudah waktunya kita menjadi bangsa yang bangga memakai produk buatan sendiri, termasuk sepatu. Tetapi, bagaimanakah hal ini sesuai dengan salah satu sila dalam Pancasila?

Kenapa Harus Bangga?

Mengapa kita harus bangga menggunakan sepatu buatan Indonesia? Pertama, kualitas sepatu Indonesia tidak perlu diragukan. Banyak merk lokal yang kualitas produknya mampu bersaing dengan merk internasional. Kedua, dengan membeli sepatu buatan Indonesia, kita juga telah ikut berkontribusi dalam perekonomian negara. Poin kedua ini yang menjadi awal dari bagaimana hal ini sejalan dengan sila dalam Pancasila.

Sepatu Buatan Indonesia dan Sila Ketiga Pancasila

Sila ketiga dalam Pancasila adalah “Persatuan Indonesia”. Artinya, sebagai bangsa yang satu, kita perlu saling mendukung dan bekerja sama demi kemajuan Indonesia. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memakai produk dalam negeri, termasuk sepatu.

Apabila kita memilih sepatu buatan Indonesia, berarti kita sudah ikut mendukung perkembangan industri dalam negeri. Ini berarti lebih banyak lapangan pekerjaan yang tersedia untuk masyarakat, yang pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi negara. Jadi, berbangga memakai produk lokal, khususnya sepatu, harusnya menjadi bagian dari kesadaran kita sebagai bangsa Indonesia.

Kesimpulan

Bangga memakai sepatu buatan Indonesia tidak hanya soal merasa bangga menjadi bagian dari Indonesia, tetapi juga sejalan dengan sila ketiga Pancasila, yaitu “Persatuan Indonesia”. Dengan memilih dan mengenakan produk dalam negeri, kita telah ikut berkontribusi dalam memajukan ekonomi bangsa. Jadi, sudah sepatukah sepatu Indonesia yang kamu kenakan hari ini?

Bangga memakai sepatu buatan Indonesia sesuai dengan sila yang berbunyi: Persatuan Indonesia. Jadi, jawabannya apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *