Ilmu

Transaksi yang Tidak Dicatat dalam Jurnal Penyesuaian Adalah ….

×

Transaksi yang Tidak Dicatat dalam Jurnal Penyesuaian Adalah ….

Sebarkan artikel ini

Sebelum kita membahas detail lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu jurnal penyesuaian dan mengapa penting dalam bidang akuntansi. Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang mencatat penyajian pendapatan dan beban sebelum penyusunan laporan keuangan, yang pada umumnya dilakukan di akhir periode akuntansi. Mempunyai tujuan penting untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan keadaan yang sebenarnya.

Namun, terdapat beberapa jenis transaksi yang tidak dicatat dalam jurnal penyesuaian.

1. Transaksi yang telah dicatat di jurnal umum

Transaksi yang telah dicatat di jurnal umum tidak akan dicatat dalam jurnal penyesuaian. Transaksi ini umumnya termasuk transaksi kas, seperti penjualan, pembelian, dan lainnya. Hal tersebut karena jurnal umum adalah buku harian yang mencatat setiap transaksi yang terjadi, sehingga tidak perlu lagi dicatat di jurnal penyesuaian.

2. Transaksi Non-Kas

Transaksi non-kas merupakan transaksi yang tidak melibatkan perubahan dana kas. Contoh transaksi non-kas adalah penurunan nilai aset, revaluasi aset, penjualan aset tetap melalui pertukaran, dan lain-lain. Transaksi ini biasanya tidak dicatat di jurnal penyesuaian karena tidak mempengaruhi posisi kas.

3. Transaksi yang dilakukan setelah periode akuntansi.

Transaksi yang dilakukan setelah tanggal penutupan periode akuntansi tidak akan dicatat dalam jurnal penyesuaian. Hal ini dikarenakan jurnal penyesuaian ditujukan untuk periode akuntansi yang spesifik, dan tidak memasukkan transaksi di luar periode tersebut.

4. Transaksi yang tidak mempengaruhi hasil usaha

Transaksi yang tidak mempengaruhi hasil usaha, seperti penukaran saham atau penambahan modal oleh pemegang saham, tidak dicatat dalam jurnal penyesuaian.

Pada intinya, jurnal penyesuaian digunakan untuk mencatat transaksi yang mempengaruhi pendapatan dan beban pada periode akuntansi tertentu. Tidak semua transaksi dicatat di dalamnya, hanya transaksi yang mempengaruhi keadaan finansial perusahaan di akhir periode akuntansi.

Transaksi yang tidak dicatat dalam jurnal penyesuaian adalah ….

  • Transaksi yang telah dicatat di jurnal umum
  • Transaksi non-kas
  • Transaksi yang dilakukan setelah periode akuntansi
  • Transaksi yang tidak mempengaruhi hasil usaha

Jadi, jawabannya apa? Transaksi yang tidak dicatat dalam jurnal penyesuaian adalah transaksi yang tidak berdampak langsung pada pendapatan dan beban dari periode akuntansi saat itu atau yang sudah dicatat di jurnal umum. Selain itu, transaksi yang dilakukan setelah periode akuntansi dan transaksi non-kas juga tidak dicatat dalam jurnal penyesuaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *