Sosial

Urutan Tingkat Takson dari yang Tertinggi Sampai Terendah adalah

×

Urutan Tingkat Takson dari yang Tertinggi Sampai Terendah adalah

Sebarkan artikel ini

Dalam ilmu biologi, menggunakan sistem klasifikasi untuk mengelompokkan organisme menjadi kategori yang disebut takson. Sistem ini digunakan untuk menyederhanakan identifikasi dan studi spesies organisme. Urutan tingkat takson merupakan kerangka kerja sistematika yang membantu para ilmuwan dalam mengklasifikasikan dan menamai makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang mereka miliki.

Taksonomi biologi dibuat oleh Carl Linnaeus dimana ia merancang sistematis yang mencakup tujuh tingkatan takson, dari yang tertinggi hingga terendah, dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Domain: Ini adalah tingkat tertinggi dalam klasifikasi. Ada tiga domain yang diketahui, yaitu Bacteria, Archaea, dan Eukarya.
  2. Kingdom: Domain dibagi menjadi lebih banyak kelompok yang disebut kerajaan, seperti Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaea/Archaebacteria, dan Bacteria/Eubacteria.
  3. Phylum: Kingdom dibagi menjadi phylum (atau divisi dalam botani). Misalnya, dalam kerajaan Animalia, ada phylum seperti Chordata, Arthropoda, Mollusca, dan lainnya.
  4. Class: Setiap phylum (atau divisi) dibagi menjadi kelas. Misalnya, dalam phylum Chordata, ada kelas seperti Mammalia, Aves, Reptilia, dan lainnya.
  5. Order: Setiap kelas dikelompokkan menjadi order. Misalnya, dalam kelas Mammalia, ada order seperti Carnivora, Primates, Rodentia, dan lainnya.
  6. Family: Setiap order dibagi menjadi beberapa keluarga. Misalnya, dalam order Primates ada family seperti Hominidae, Cercopithecidae, dan lainnya.
  7. Genus: Keluarga dikelompokkan menjadi genus. Misalnya, dalam family Hominidae, ada genus seperti Homo, Pan, dan lainnya.
  8. Species: Ini adalah tingkat takson terendah. Setiap spesies adalah grup organisme yang serupa dan dapat saling berkembang biak. Misalnya, manusia termasuk dalam spesies Homo sapiens.

Jadi, melalui cara ini, setiap spesies organisme dapat diklasifikasikan dalam urutan tertentu dari domain hingga spesies. Sistem ini memungkinkan para peneliti dan ilmuwan untuk mengidentifikasi dan memahami hubungan antara berbagai spesies.

Jadi, jawabannya apa?

Urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah adalah: Domain, Kingdom, Phylum, Class, Order, Family, Genus, dan Species.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *