Ilmu

Nikola Tesla Mendemonstrasikan Komunikasi Tanpa Kabel Pada Tahun

×

Nikola Tesla Mendemonstrasikan Komunikasi Tanpa Kabel Pada Tahun

Sebarkan artikel ini

Nikola Tesla, seorang ilmuwan dan penemu yang fenomenal, dikenal atas banyak prestasinya yang mengubah dunia. Salah satu penemuannya yang paling terkenal adalah konsep dan demonstrasi tentang komunikasi tanpa kabel. Demonstrasi yang memukau ini terjadi pada tahun 1893.

Pada pertengahan tahun 1893, Tesla mulai menunjukkan kemajuan pesatnya dalam teknologi induktif tanpa kabel. Dalam presentasinya di World’s Columbian Exposition di Chicago, ilmuwan brilian ini memamerkan lampu neon dan rancangannya sendiri tentang tube lamp. Mereka berhasil menyala tanpa kabel apa pun yang terhubung, menggunakan apa yang sekarang kita kenal dengan ‘transmisi daya nirkabel’.

Melalui demonstrasi ini, Tesla mengambil langkah pertamanya menuju impian idealnya tentang sistem komunikasi global tanpa kabel. Dia berpikir bahwa hal ini merupakan kemungkinan nyata, dan visinya itu sangat maju dari zamannya. Penemuannya, yang mungkin tampak ajaib di masa itu, sekarang menjadi fondasi teknologi komunikasi wireless kita seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan sebagainya.

Setelah penemuan ini, Tesla berdedikasi untuk mengembangkan teknologi ini lebih lanjut demi mencapai tujuannya — komunikasi global tanpa kabel. Pada tahun 1901, Tesla mulai membangun stasiun transmisi tenaga tanpa kabel pertamanya, ‘Wardenclyffe Tower’ di New York, dengan bantuan dari finansier J.P. Morgan. Walaupun proyeknya tidak selesai karena kendala-kendala tertentu, ide dan visinya sangat berpengaruh revolusi teknologi komunikasi dan tenaga yang kita lihat hari ini.

Nikola Tesla mendemonstrasikan komunikasi tanpa kabel pada tahun: Dari situlah perjalanan dimulai, dan visioner ini memimpin kita melalui jalan penuh pemahaman baru tentang penyebaran energi dan informasi tanpa tali.

Jadi, jawabannya apa? Tahun demikian adalah tahun 1893, sebuah tonggak dalam sejarah teknologi, saat Nikola Tesla pertama kali mendemonstrasikan konsep komunikasi tanpa kabel di hadapan publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *