Sekolah

Tentukan Diameter dan Jari-jari Lingkaran yang Mempunyai Keliling 143 cm

×

Tentukan Diameter dan Jari-jari Lingkaran yang Mempunyai Keliling 143 cm

Sebarkan artikel ini

Lingkaran adalah suatu bentuk geometri yang memiliki banyak karakteristik unik dan properti matematis menarik. Beberapa properti paling mendasar dan sering digunakan dari lingkaran adalah diameter dan jari-jari. Diameter adalah jarak melintasi lingkaran yang melalui titik tengah, sedangkan jari-jari adalah jarak dari titik tengah lingkaran ke lingkaran itu sendiri. Kedua ukuran ini selalu berhubungan, dengan diameter selalu dua kali panjang jari-jari. Namun, bagaimana jika kita hanya mengetahui keliling lingkaran? Bagaimana kita bisa menentukan diameter dan jari-jari lingkaran tersebut?

Misalkan kita memiliki lingkaran dengan keliling 143 cm. Rumus untuk keliling lingkaran adalah 2πr, di mana π adalah konstanta matematika Pi (sekitar 3,14) dan r adalah jari-jari lingkaran.

Untuk menentukan jari-jari lingkaran, kita dapat mengubah rumus tersebut menjadi r = C/(2π), di mana C adalah keliling lingkaran. Jadi, kita dapat mencari jari-jari dengan membagi keliling lingkaran sebesar 143 cm dengan 2π, atau sekitar 22.73 cm.

Dengan mengetahui jari-jari, kita dapat dengan mudah menemukan diameter lingkaran. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, diameter adalah dua kali panjang jari-jari. Jadi, diameter lingkaran dengan keliling 143 cm adalah 2 * 22.73 cm, atau sekitar 45.46 cm.

Dengan itu, kita telah berhasil menentukan bahwa lingkaran dengan keliling 143 cm memiliki jari-jari sekitar 22.73 cm dan diameter sekitar 45.46 cm.

Jadi, jawabannya apa?

Lingkaran dengan keliling 143 cm memiliki jari-jari sekitar 22.73 cm dan diameter sekitar 45.46 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *