Sekolah

Pernyataan Berikut yang Benar Tentang Membaca Skimming Adalah, Kecuali….

×

Pernyataan Berikut yang Benar Tentang Membaca Skimming Adalah, Kecuali….

Sebarkan artikel ini

Teknik skimming adalah salah satu metode yang biasa digunakan dalam membaca cepat. Teknik ini melibatkan pemindaian cepat atas materi untuk mendapatkan gambaran kasar tentang kontennya, tanpa perlu membaca setiap kata. Biasanya, teknik ini digunakan untuk membantu memutuskan apakah suatu sumber informasi layak untuk dibaca lebih detail atau tidak.

Dalam menyajikan fakta-fakta berkaitan dengan teknik skimming, ada beberapa pernyataan yang dapat kita buat sebagai berikut:

  1. Pembacaan skimming digunakan untuk membaca secara cepat dan membantu memutuskan apakah sumber layak dibaca atau tidak. Fungsi utama metode ini adalah untuk mendapatkan gagasan umum tentang apa yang dibahas dalam teks, daripada pemahaman mendalam tentang setiap detailnya.
  2. Teknik skimming memprioritaskan poin-poin penting dalam teks. Ketika kamu melakukan skimming, kamu biasanya fokus pada judul, sub judul, kata-kata penting atau istilah kunci, dan kalimat pertama dari setiap paragraf.
  3. Pembacaan skimming tidak memerlukan pemahaman mendalam tentang konten. Karena tujuan utamanya adalah mendapat gambaran kasar tentang teks, maka tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk membaca setiap detail.
  4. Skimming tidak memungkinkan pemahaman yang baik tentang teks. Kecuali kalau kamu sudah sangat familiar dengan topiknya atau jika teksnya ditulis dengan sangat jelas dan logis, skimming mungkin tidak akan memberi kamu pemahaman sepenuhnya tentang apa yang penulis coba sampaikan.

Namun, dari pernyataan-pernyataan tersebut, ada satu yang tidak selalu benar. Pernyataan keempat mungkin tidak sepenuhnya benar. Meski skimming biasanya digunakan untuk membaca cepat dan mendapatkan gambaran umum, bukan berarti teknik ini tidak mungkin mendukung pemahaman yang baik tentang teks. Hal ini tergantung pada keterampilan individu dalam menganalisa dan menginterpretasikan informasi dengan cepat.

Jadi, jawabannya apa? Jawabannya adalah: semua pernyataan benar tentang skimming, kecuali pernyataan keempat, karena tergantung pada situasi dan kemampuan pembaca, skimming bisa jadi memungkinkan pemahaman yang baik tentang suatu teks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *