Sekolah

Di era tahun 60-an rakyat Indonesia sangat menderita, dengan keberhasilan pembangunan maka sedikit demi sedikit kemiskinan rakyat dapat dientaskan. Atas keberhasilan tersebut rakyat mengangkat Soeharto sebagai…

×

Di era tahun 60-an rakyat Indonesia sangat menderita, dengan keberhasilan pembangunan maka sedikit demi sedikit kemiskinan rakyat dapat dientaskan. Atas keberhasilan tersebut rakyat mengangkat Soeharto sebagai…

Sebarkan artikel ini

Tahun 60-an menjadi periode yang sulit bagi seluruh rakyat Indonesia. Kala itu masa yang diwarnai oleh pergolakan politik, konflik social, dan kerawanan ekonomi yang dihasilkan dari kondisi berlarutnya kemiskinan rakyat. Namun, pada saat yang sama periode ini menjadi batu pijakan untuk era pembangunan signifikan yang merubah nasib Indonesia lebih baik.

Ketidakstabilan politik masa itu dikarenakan peralihan kekuasaan dan pergeseran ideologi yang mencengkeram Indonesia. Masa peralihan ini ditandai dengan pergolakan politik dan ekonomi yang massif. Namun, dalam segala kegelapan tersebut, ada titik balik. Titik balik tersebut adalah ketika rakyat memilih Soeharto sebagai pemimpin negeri ini.

Soeharto adalah sosok pemimpin yang dikenal dengan disiplin, tegas tapi juga memiliki kepedulian yang besar kepada rakyatnya. Di bawah kepemimpinannya, Indonesia mulai melalui era baru stavilitas politik dan pembangunan ekonomi tanpa disadari telah merubah kehidupan rakyat Indonesia yang sebagian besar berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Pada jaman tersebut, keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh Soeharto mampu mendongkrak perekonomian nasional. Infrastruktur yang dibangun tidak hanya berpusat di kota besar, melainkan juga mampu menjangkau desa-desa pedalaman. Hal ini memberi akses kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi dan secara tak langsung mengurangi tingkat kemiskinan.

Program-program yang dicanangkan juga semakin meningkatkan taraf hidup masyarakat. Diantaranya adalah peningkatan produksi nasional dalam rangka pemenuhan kebutuhan rakyat, serta pembukaan lapangan kerja melalui program swasembada pangan dan industrialisasi. Ini semua berdampak positif dan mengangkat derajat hidup masyarakat Indonesia yang sebelumnya hidup dalam kemiskinan.

Perjalanan Indonesia sepanjang era tersebut tidaklah mudah. Tapi, bertahun-tahun setelahnya, kita bisa melihat bahwa kebijakan yang diambil saat itu merupakan langkah yang tepat. Rakyat Indonesia berhasil meraih impian yang sudah lama ditunggu-tunggu, yakni kehidupan yang layak dan sejahtera. Itu semua berkat kebijakan yang diambil dan dijalankan dengan baik oleh Soeharto.

Jadi, jawabannya apa? Pembangunan dan kebijakan yang dijalankan dengan baik akan membawa perubahan signifikan, tak hanya dalam segi ekonomi, namun juga dalam memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Itulah yang dilakukan oleh Soeharto yang hingga kini masih dikenang sebagai salah satu era keemasan dalam sejarah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *