Budaya

Penggunaan Perintah/Kode Program untuk Membersihkan Layar pada Pascal

×

Penggunaan Perintah/Kode Program untuk Membersihkan Layar pada Pascal

Sebarkan artikel ini

Programming sangat berfokus pada efisiensi dan memberikan hasil yang diinginkan dengan cara yang paling mudah dan mudah dipahami. Salah satu program perangkat keras tertentu yang telah digunakan selama beberapa dekade adalah Pascal. Pascal adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Niklaus Wirth, yang nama dan desainnya terinspirasi oleh ilmuwan dan matematikawan Blaise Pascal. Antara lain, Pascal digunakan untuk pengajaran pemrograman terstruktur dan dalam ilmu komputer, geofisika, analisis numeral, CI dan AI.

Dalam penggunaan tingkat tinggi, seringkali perlu membersihkan layar terminal atau output sebagai bagian dari alur kerja program. Pascal, seperti kebanyakan bahasa pemrograman, memiliki fungsi bawaan untuk ini. Kode tersebut sangat berguna ketika Anda perlu menghilangkan data atau output yang tidak lagi diperlukan, atau mempersiapkan tampilan baru. Mari kita lihat bagaimana hal ini dapat dilakukan dalam bahasa pemrograman Pascal.

Program Example;beginclrscr;end.

Pada kode di atas, "clrscr" adalah perintah yang digunakan untuk membersihkan layar pada Pascal. clrscr berfungsi untuk membersihkan seluruh layar dan menjadikan kursor berada pada posisi awal yaitu pada sudut kiri atas. Oleh karena itu, semua konten sebelumnya pada layar akan dihapus.

Untuk menggunakan clrscr Anda perlu menyertakan unit CRT. Unit ini berisi prosedur dan fungsi untuk mendukung operasi berbasis teks. Termasuk di dalamnya adalah clrscr. Berikut contoh penggunaannya:

Program Example;uses crt;beginclrscr;end.

Perhatikan bahwa uses crt; diletakkan setelah deklarasi program. Dalam contoh ini, ditempatkan tepat setelah Program Example;.

Jadi, penggunaan perintah clrscr dalam Pascal jelas dapat membantu pembuat kode membersihkan layar output, sehingga membuat komunikasi antara program dan pengguna menjadi lebih rapi dan mudah dimengerti.

Jadi, jawabannya apa? Anda dapat menggunakan perintah clrscr untuk membersihkan layar pada Pascal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *