Budaya

Berikut Ini yang Buka Merupakan Komponen Penting Sebuah Rubrik adalah

×

Berikut Ini yang Buka Merupakan Komponen Penting Sebuah Rubrik adalah

Sebarkan artikel ini

Rubrik adalah alat evaluasi yang biasa digunakan oleh pengajar atau peneliti untuk mengukur prestasi atau prestasi peserta didik dalam suatu tugas, proyek, atau aktivitas tertentu. Dengan rubrik, pengajar dapat secara objektif dan konsisten mengevaluasi pekerjaan siswa berdasarkan serangkaian kriteria yang telah ditentukan. Untuk memastikan rubrik efektif dan adil, ada beberapa komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap rubrik. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa yang BUKAN komponen penting sebuah rubrik.

Kriteria

Komponen pertama dalam rubrik adalah serangkaian kriteria yang digunakan sebagai standar penilaian kinerja siswa. Kriteria ini bisa mencakup berbagai aspek tergantung pada tugas atau proyek yang diberikan. Misalnya, untuk tugas menulis, kriteria mungkin mencakup organisasi, pemilihan kata, penggunaan tata bahasa yang baik, dan sebagainya. Meskipun kriteria adalah komponen penting dalam rubrik, namun kriteria yang tidak jelas BUKAN komponen penting.

Deskripsi Tingkat

Komponen kedua rubrik adalah deskripsi tingkat. Deskripsi ini biasanya berupa skala penilaian yang digunakan untuk menentukan sejauh mana siswa telah memenuhi masing-masing kriteria. Tingkat bisa bervariasi, namun biasanya mencakup kategori seperti “memuaskan”, “cukup”, dan “belum memuaskan”. Sekali lagi, deskripsi tingkat yang kabur dan tidak konsisten BUKAN komponen penting sebuah rubrik.

Skor

Komponen ketiga adalah skor. Setelah siswa dinilai berdasarkan masing-masing kriteria dan tingkat, mereka biasanya diberi skor numerik. Skor ini dapat dihitung untuk memberikan penilaian numerik keseluruhan kepada siswa. Bersama dengan umpan balik kualitatif, skor ini bisa membantu memahami sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran. Namun, penggunaan skor yang tidak adil BUKAN komponen penting dalam rubrik.

Koheren

Rubrik seharusnya koheren dan mudah dipahami oleh siswa. Dengan kata lain, harus jelas bagaimana skor diberikan dan apa yang diperlukan untuk mencapai skor maksimal. Rubrik yang rumit, sulit dipahami dan tidak koheren BUKAN bagian penting dari rubrik.

Sebagai penutup, rubrik menawarkan cara yang sistematis dan objektif untuk menilai prestasi siswa. Dengan penggunaan kriteria yang jelas, deskripsi tingkat yang koheren, dan skor yang adil, rubrik dapat memudahkan proses penilaian baik bagi siswa maupun pengajar. Setiap komponen yang tidak mematuhi standar kejelasan, konsistensi, dan adil BUKAN merupakan komponen penting sebuah rubrik.

Jadi, jawabannya apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *