Sosial

Sebagai Ilmu, Sejarah Memiliki Syarat-syarat Sebagai Berikut, Kecuali

×

Sebagai Ilmu, Sejarah Memiliki Syarat-syarat Sebagai Berikut, Kecuali

Sebarkan artikel ini

Sejarah secara ikhtisar merupakan studi tentang masa lalu umat manusia, yang dapat ditinjau dari berbagai aspek seperti budaya, ekonomi, politik, sosial, dan masih banyak lagi. Dalam mempelajari dan menafsirkan peristiwa masa lalu, sejarah bertindak bukan hanya sebagai catatan peristiwa yang terjadi, tetapi juga sebagai ilmu yang memiliki serangkaian prinsip dan metodologi yang diterapkan.

Sejauh mana sejarah dapat dianggap sebagai ilmu? Dalam konteks ini, sejarah memang memiliki sejumlah syarat-syarat sebagai ilmu, namun ada pula aspek-aspek yang mungkin tidak berlaku. Berikut ini adalah syarat-syarat yang umumnya berlaku dalam ilmu sejarah, dan satu pengecualian penting.

  1. Kontrol Empiris: Seperti ilmu pengetahuan lainnya, sejarah harus bisa diuji dan diverifikasi melalui pengalaman empiris atau observasi. Namun, ini bukan berarti sejarah selalu dapat diverifikasi melalui proses ini. Sebab, sebuah peristiwa sejarah unik dan tidak dapat diulang atau diuji ulang.
  2. Berakar pada Fakta: Sejarah harus berdasarkan pada fakta – peristiwa atau realitas yang benar-benar terjadi. Penafsiran bisa berbeda-beda, namun fakta haruslah tetap.
  3. Objektivitas: Dalam menjalankan metodenya, ilmu sejarah harus mencoba untuk objektif. Sejarawan harus berusaha memisahkan pendapat pribadi atau bias dalam menganalisis dan menafsirkan fakta sejarah.
  4. Metodologi: Sejarah juga memerlukan metode yang sistematis dan logis dalam pengumpulan, evaluasi, dan interpretasi fakta atau data. Namun, metodologi ini mungkin berbeda dengan metodologi yang digunakan dalam ilmu eksakta.
  5. Teori dan Hipotesis: Dalam ilmu sejarah juga diperlukan penggunaan teori dan hipotesis sebagai alat untuk memahami dan menjelaskan fakta sejarah.

Namun, ada satu syarat yang biasanya ditemui dalam berbagai ilmu, tetapi tidak berlaku dalam sejarah:

Ulangi untuk Prediksi: Dalam banyak ilmu, pengetahuan dari hasil penelitian di masa lalu digunakan untuk membuat prediksi di masa depan. Ini adalah elemen utama dalam ilmu seperti fisika dan biologi. Namun, dalam hal sejarah, ini tidak berlaku. Sejarah tidak dapat digunakan untuk meramalkan masa depan dengan akurat, sebab peristiwa sejarah adalah unik dan dipengaruhi oleh banyak faktor yang sering kali tidak dapat direproduksi atau diperkirakan dengan tepat.

Sebagai ilmu, sejarah memiliki beberapa syarat dan metode spesifik yang menjadikannya berbeda dengan ilmu lainnya, dan ini membedakannya terutama dalam hal prediksi untuk masa depan.

Jadi, jawabannya apa? Meski sejarah memiliki banyak syarat umum sebagai ilmu, ada satu hal yang tidak berlaku: kemampuannya untuk menggunakan data historis untuk membuat prediksi yang akurat tentang masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *