Sosial

Tahap Apakah Yang Paling Menentukan Air PDAM Sehat Untuk Dikonsumsi

×

Tahap Apakah Yang Paling Menentukan Air PDAM Sehat Untuk Dikonsumsi

Sebarkan artikel ini

Air merupakan kebutuhan dasar yang vital bagi kehidupan manusia. Kualitas air yang baik dan terjamin kesehatannya menjadi salah satu faktor penting dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Di Indonesia, salah satu penyedia air bersih adalah perusahaan daerah air minum (PDAM), yang bertugas memasok air minum kepada masyarakat. Meskipun begitu, muncul pertanyaan “Tahap apakah yang paling menentukan air PDAM sehat untuk dikonsumsi?”.

Secara umum, terdapat beberapa tahap penting dalam proses pengolahan air minum oleh PDAM, antara lain proses koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan desinfeksi. Namun, beberap penelitian menyebutkan bahwa tahap desinfeksi merupakan tahap yang paling menentukan dalam menjamin kesehatan air PDAM.

Tahap Desinfeksi

Desinfeksi merupakan proses yang bertujuan untuk menghilangkan, menonaktifkan atau membunuh organisme patogen yang bisa mengganggu kesehatan dan kualitas air PDAM. Bahan yang biasa digunakan dalam proses ini antara lain klorin, sinar ultraviolet, ozon dan dioksida klor.

Desinfeksi merupakan tahap krusial dalam proses pengolahan air PDAM karena organisme patogen yang masih ada dalam air dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti gangguan gastrointestinal dan infeksi. Oleh karena itu, selain menjalankan proses desinfeksi dengan baik dan benar, PDAM juga harus rutin melakukan uji kualitas air agar kwalitas air yang dihasilkan selalu dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

Pentingnya Pengawasan dan Manajemen Air PDAM

Meskipun tahap desinfeksi sangat menentukan, bukan berarti tahap lain pada proses pengolahan air minum bisa diabaikan. Pengelolaan dan pengawasan serius pada setiap tahap pengolahan air PDAM juga sangat penting dalam memastikan air yang dihasilkan sehat dan aman untuk dikonsumsi. Langkah-langkah pengawasan antara lain evaluasi rutin terhadap proses pengolahan, pengambilan sampel air secara berkala, dan analisis risiko berbasis higienis.

Dalam hal ini, masyarakat juga memegang peran penting dalam terjaganya kualitas air PDAM. Masyarakat perlu peduli dan melakukan pengawasan sendiri terhadap kualitas air yang mereka konsumsi.

Jadi, tahap apa yang paling menentukan air PDAM sehat untuk dikonsumsi? Dari penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa tahap desinfeksi memiliki peran penting dalam menentukan kualitas air PDAM yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, pengelolaan dan pengawasan menyeluruh pdam juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan air yang berkualitas tinggi.

Jadi, jawabannya apa? Meskipun tahap desinfeksi adalah poin krusial, namun faktor penentu kesehatan dan kualitas air adalah manajemen dan pengawasan yang baik pada semua tahap pengolahan air minum. Hal ini melibatkan effort dari PDAM dan partisipasi aktif dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *