Budaya

Urutan Tingkat Takson Dari Yang Tertinggi Sampai Terendah Adalah…

×

Urutan Tingkat Takson Dari Yang Tertinggi Sampai Terendah Adalah…

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia biologi, istilah “taksonomi” digunakan untuk menjelaskan sistem klasifikasi organisme. Tingkat takson membagi organisme berdasarkan kesamaan ciri dan sifat, dan berlangsung dari tingkat tertinggi hingga terendah. Sistem ini dibuat oleh Carl Linnaeus, yang dikenal sebagai “Bapak Taksonomi modern”. Lalu, bagaimanakah urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah?

Sebelum menjawab hal tersebut, penting untuk dipahami bahwa setiap organisme dapat ditempatkan dalam setiap tingkat takson berdasarkan ciri dan sifatnya. Takson tertinggi menampung banyak organisme dengan variasi yang luas, sementara takson terendah lebih spesifik, biasanya hanya menampung satu jenis organisme.

Berikut adalah urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah:

  1. Domain

    Takson tertinggi dalam sistem klasifikasi biologi. Ada tiga domain dalam taksonomi: Bacteria (bakteri), Archaea (archaea), dan Eukarya (organisme dengan sel berkernakan).

  2. Kingdom (Raja)

    Di bawah domain adalah kerajaan. Klasifikasi awalnya membagi organisme menjadi dua kerajaan, namun sekarang sudah ada lima: Monera, Protista, Fungi, Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan).

  3. Phylum (Filum)

    Masing-masing kingdom dibagi lagi menjadi beberapa phylum berdasarkan ciri-ciri tertentu.

  4. Class (Kelas)

    Setiap phylum dibagi menjadi beberapa kelas.

  5. Order (Ordo)

    Setiap kelas dibagi lagi menjadi beberapa ordo.

  6. Family (Famili)

    Di bawah ordo adalah famili.

  7. Genus (Marga)

    Setiap famili dibagi lagi menjadi beberapa genus. Genus terdiri dari spesies yang sangat berkaitan dan seringkali memiliki kesamaan yang sangat banyak.

  8. Species (Spesies)

    Tingkat takson paling rendah adalah spesies. Pada tingkat ini, organisme berada dalam kelompok terkecil dan paling spesifik.

Sistem klasifikasi takson ini memungkinkan para ilmuwan untuk memahami dan mengidentifikasi semua keanekaragaman hayati yang ada di dunia. Jadi, urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah adalah Domain, Kingdom, Phylum, Class, Order, Family, Genus, dan Species.

Jadi, jawabannya apa? Jawabannya adalah urutan tingkat takson dari yang tertinghi sampai terendah adalah: Domain, Kingdom, Phylum, Class, Order, Family, Genus, dan Species.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *