Sosial

Mengapa Logam Alkali Lebih Reaktif Dibandingkan dengan Alkali Tanah

×

Mengapa Logam Alkali Lebih Reaktif Dibandingkan dengan Alkali Tanah

Sebarkan artikel ini

Logam alkali dan logam alkali tanah merupakan bagian penting dari Tabel Periodik dalam kimia. Logam alkali terletak pada Golongan I (satu) sedangkan logam alkali tanah berada di Golongan II (dua). Kedua jenis logam ini dikenal memiliki reaktifitas yang tinggi terhadap berbagai substansi lainnya, namun logam alkali memiliki tingkat reaktifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan logam alkali tanah. Ada alasan spesifik mengapa logam alkali lebih reaktif.

Sifat elektron valensi

Reaktifitas di dunia kimia pada dasarnya diatur oleh interaksi antara elektron dari berbagai unsur. Elektron ini cenderung berada dalam tingkat energi tertentu (disebut lapisan atau shell), dan elektron pada lapisan terluar disebut “elektron valensi”. Elektron valensi ini yang berperan dalam pembentukan ikatan kimia.

Logam alkali memiliki satu elektron valensi pada lapisan terluarnya, sedangkan logam alkali tanah mempunyai dua. Karena hanya memiliki satu elektron valensi, logam alkali lebih cenderung kehilangan elektron tersebut untuk mencapai keadaan stabil, atau konfigurasi gas mulia. Proses ini menghasilkan ion positif dan menjadikan logam alkali lebih reaktif.

Energi Ionisasi

Energi ionisasi adalah energi yang dibutuhkan untuk menghapus elektron paling longgar dari atom netral dalam keadaan gas, yang pada dasarnya adalah proses yang terjadi saat suatu reaksi berlangsung. Ternyata, logam alkali memiliki energi ionisasi terendah dibandingkan kelompok lain dalam Tabel Periodik. Hal ini berarti bahwa lebih sedikit energi diperlukan untuk melepaskan elektron valensinya, sehingga lebih mudah berpartisipasi dalam reaksi kimia.

Ukuran Atom

Karena memiliki lebih banyak lapisan elektron, atom logam alkali lebih besar dibandingkan logam alkali tanah. Hal ini berarti elektron valensi lebih jauh dari inti dan kurang tertarik oleh muatan positif dari proton dalam nukleus. Oleh karena itu, lebih mudah untuk melepaskan elektron tersebut, yang meningkatkan reaktivitasnya.

Kesimpulannya, sifat atom dan konfigurasi elektron logam alkali adalah apa yang membuatnya menjadi lebih reaktif dibandingkan dengan logam alkali tanah.

Jadi, Jawabannya Apa?

Jadi, jawaban atas pertanyaan mengapa logam alkali lebih reaktif dibandingkan dengan alkali tanah adalah: karena logam alkali hanya memiliki satu elektron valensi yang jauh dari inti dan mudah dilepas, memiliki ukuran atom yang lebih besar, dan energi ionisasinya lebih rendah. Semua hal ini kemudian berkontribusi terhadap tingkat reaktifitas yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *