Budaya

Kerjasama Indonesia dengan Negara di ASEAN adalah Contoh Kerjasama

×

Kerjasama Indonesia dengan Negara di ASEAN adalah Contoh Kerjasama

Sebarkan artikel ini

Indonesia, sebagai salah satu dari sepuluh negara anggota ASEAN, memiliki peran penting dalam kerjasama regional. Kerjasama ini tidak hanya mencakup aspek politik dan keamanan, tetapi juga ekonomi, sosial, budaya, dan banyak lagi. Agar dapat menggali lebih dalam mengenai bagaimana kerjasama ini terjadi, pertama, kita perlu memahami apa itu ASEAN.

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di Asia Tenggara yang dibentuk pada 8 Agustus 1967. ASEAN didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Tujuan utama dari berdirinya ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, pengembangan budaya antar negara anggotanya, serta untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui saling menghormati hak dan kebebasan setiap negara anggota.

Sebagai salah satu anggota pendiri dan bagian penting dari ASEAN, Indonesia telah menjalin berbagai bentuk kerjasama dengan negara-negara anggota lainnya. Misalnya, dalam bidang ekonomi, Indonesia terlibat dalam pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC) yang bertujuan menciptakan pasar dan basis produksi tunggal di kawasan ASEAN yang mampu memajukan produksi dan kompetisi ekonomi.

Dalam bidang politik dan keamanan, Indonesia turut berperan aktif dalam menciptakan Zona Perdamaian, Kebebasan dan Netralitas (ZOPFAN) yang bertujuan untuk menjaga Asia Tenggara tetap damai, bebas, dan netral dari segala bentuk intervensi eksternal.

Engagement konstruktif dan kerjasama tingkat tinggi juga diwujudkan dalam penanganan isu-isu sosial dan kemanusiaan. Contohnya, Indonesia berperan aktif dalam penanganan krisis pengungsi Rohingya serta bencana alam yang melanda negara-negara ASEAN.

Di luar itu, kerjasama Indonesia dengan negara ASEAN juga terlihat dalam pembentukan berbagai forum dan dialog tingkat tinggi, seperti ASEAN Regional Forum (ARF), East Asia Summit (EAS), dan ASEAN Defence Minister’s Meeting Plus (ADMM-Plus). Melalui forum tersebut, Indonesia dapat berkontribusi dalam berbagai isu penting regional dan global.

Jadi, kerjasama Indonesia dengan negara di ASEAN adalah representasi nyata bagaimana setiap negara anggota ASEAN berupaya menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan serta membangun stabilitas dan kemakmuran bersama. Melalui kerjasama ini, Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya dapat berjalan bersama menjaga perdamaian dan stabilitas di Asia Tenggara, menciptakan pasar ekonomi regional yang kompetitif, serta menangani berbagai tantangan sosial dan kemanusiaan.

Jadi, jawabannya apa? Kerjasama Indonesia dengan negara di ASEAN adalah contoh konkrit bagaimana negara-negara berusaha untuk saling berkolaborasi, saling mendukung, dan saling belajar satu sama lain demi mencapai tujuan yang sama: kemajuan bersama dan kesejahteraan bagi semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *