Diskusi

Geometri Ion Kompleks yang Mempunyai Bilangan Koordinasi Sebesar 6

×

Geometri Ion Kompleks yang Mempunyai Bilangan Koordinasi Sebesar 6

Sebarkan artikel ini

Ion kompleks adalah entitas kimia yang terbentuk dari pembentukan ikatan koordinasi antara molekul atau ion pusat dengan sejumlah molekul atau ion penjunjung. Bilangan koordinasi merupakan jumlah ligand atau atom penjunjung dalam molekul kompleks. Pengertiannya sangat penting untuk menjelaskan struktur dan fungsi biokimia, farmakologi, dan dalam teknologi material.

Bilangan koordinasi 6 adalah salah satu bilangan koordinasi yang paling umum dan ditemukan dalam banyak struktur molekul yang signifikan, termasuk beberapa molekul biologis penting dan banyak mineral. Geometri yang paling umum dari kompleks dengan bilangan koordinasi 6 adalah oktahedral.

Geometri Oktahedral

Struktur geometri oktahedral dicirikan oleh enam atom penjunjung atau grup yang mengelilingi atom pusat. Nama ‘oktahedral’ berasal dari bentuk yang dibentuk oleh enam poin; sebuah oktahedron memiliki delapan sisi dan enam titik verteks – mirip dengan dua piramida yang pangkalannya bersentuhan. Dalam struktur oktahedral, semua atom penjunjung secara ideal berada pada jarak yang sama dari atom pusat, dan semua sudut diantara pair atom penjunjung adalah 90 derajat.

Contoh komponen dengan geometri oktahedral dalam ion kompleks adalah [Co(NH3)6]3+ dan [Fe(H2O)6]2+. Kedua contoh tersebut memperlihatkan atom pusat (Co dan Fe) dikelilingi oleh enam atom penjunjung (NH3 dan H2O), membentuk struktur oktahedral.

Namun, penting juga diingat bahwa terkadang jarak antara atom penjunjung dan atom pusat dapat sedikit berubah, tergantung pada ukuran relative dan tingkat keelektronegatifan zat-zat yang terlibat. Meskipun perubahan ini mungkin merusak simetri oktahedron yang ideal, kompleks masih direferensikan sebagai ‘oktahedral’ asalkan enam atom penjunjungnya tetap ada.

Jadi, jawabannya apa? Kompleks dengan bilangan koordinasi sebesar 6 biasanya memiliki struktur oktahedral. Namun, mungkin ada sedikit deviasi dari struktur oktahedral yang ideal tergantung pada faktor seperti ukuran relatif dan elektronegativitas dari atom-atom yang terlibat. Perlu dipahami lebih lanjut melalui belajar dan penelitian agar dapat menghargai dan memahami kerumitan geometri dan struktur molekul dalam ilmu kimia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *