Sekolah

Jelaskan Makna Pembukaan UUD 1945 dalam Perspektif Legalitas Hukum

×

Jelaskan Makna Pembukaan UUD 1945 dalam Perspektif Legalitas Hukum

Sebarkan artikel ini

Preamble atau pembukaan UUD 1945 merupakan bagian yang sangat penting dalam negara Indonesia. Preamble berperan sebagai ruh dan cikal bakal hukum yang mengatur negara Indonesia. Bagian ini mencakup semua asas yang menjadi petunjuk dalam menjalankan pemerintahan, baik itu dalam hukum, etika, ataupun moral.

Makna Pembukaan UUD 1945

Pembukaan UUD 1945 mengandung empat paragraf yang masing-masing mempunyai makna tersendiri. Paragraf pertama menyatakan soal kemerdekaan, yaitu bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Paragraf kedua menjelaskan tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan. Paragraf ketiga dan keempat, menjelaskan tujuan kemerdekaan, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Pembukaan UUD 1945 dalam Perspektif Legalitas Hukum

Dalam perspektif legalitas hukum, pembukaan UUD 1945 menegaskan prinsip kedaulatan rakyat. Menurut prinsip ini, kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat dan dilakukan menurut undang-undang yang ditetapkan.

Selain itu, pembukaan UUD 1945 juga menentukan hal-hal fundamental dalam sistem hukum Indonesia. Hal ini mencakup pengaturan terkait kedaulatan, hak asasi manusia, demokrasi, konstitusionalisme, dan tujuan negara.

Kedudukan Pembukaan UUD 1945 dalam Hukum Indonesia

Pembukaan UUD 1945 berlaku sebagai suatu penafsiran autentik bagi seluruh ketentuan yang ada dalam UUD 1945. Artinya bahwa pembukaan UUD 1945 juga memiliki kedudukan yang setara dengan teks Undang-Undang Dasar 1945 dan memiliki kekuatan hukum yang mengikat seperti halnya pasal-pasal dalam UUD 1945.

Seluruh ketentuan dalam UUD 1945 harus ditafsirkan sesuai dengan semangat dan makna yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945. Oleh karena itu, persepektif legalitas hukum pada pembukaan UUD 1945 sangat penting dalam pelaksanaan hukum di Indonesia.

Jadi, jawabannya apa? Pembukaan UUD 1945, dari perspektif legalitas hukum, adalah pijakan fundamental hukum Indonesia yang menjadi dasar penegakan hukum, demokrasi, dan kedaulatan rakyat yang berlaku di Indonesia. Makna yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 menjadi petunjuk dan pedoman dalam menjalankan pemerintahan dan sistem hukum yang berlaku di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *