Sekolah

Benua dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Kedua di Dunia Yaitu Benua

×

Benua dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Kedua di Dunia Yaitu Benua

Sebarkan artikel ini

Bumi kita memiliki tujuh benua dengan beragam jumlah penduduk dan kepadatan pada masing-masing wilayahnya. Benua yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia adalah Asia, dengan sekitar 4,6 miliar jiwa. Namun, apabila kita ingin mengetahui benua yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, kita perlu mencari tahu lebih lanjut tentang keadaan demografis di masing-masing benua.

Setelah Asia, benua yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia adalah benua Afrika. Afrika dikenal sebagai benua ketujuh terbesar menurut luas wilayah dan kedua terbesar jika diukur dari jumlah penduduk. Jumlah penduduk di benua Afrika mencapai lebih dari 1,3 miliar jiwa, yang merupakan sekitar 16% dari total populasi dunia.

Berbagai negara di benua Afrika memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi, yang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya peningkatan jumlah penduduk di benua ini. Beberapa negara dengan jumlah penduduk terbesar di Afrika meliputi Nigeria, Ethiopia, Mesir, Kongo, dan Afrika Selatan. Kepadatan penduduk di benua Afrika cenderung lebih tinggi di kawasan sub-Sahara dan sepanjang sungai Nil di Mesir.

Benua Afrika memiliki berbagai macam kekayaan alam, mulai dari hutan hujan tropis hingga padang savana. Di beberapa wilayah, ketersediaan sumber daya alam sebanding dengan pertumbuhan penduduk, namun di banyak wilayah lain, tantangan yang dihadapi oleh penduduk Afrika termasuk kemiskinan, kurangnya akses ke layanan kesehatan, pendidikan, dan pangan yang cukup.

Jumlah penduduk di benua Afrika diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa dekade mendatang, dengan proyeksi bahwa populasi akan mencapai 2,2 miliar jiwa pada tahun 2050. Pertumbuhan penduduk yang pesat ini akan memberikan sejumlah peluang, seperti perkembangan ekonomi dan teknologi, tetapi juga akan menimbulkan tantangan besar yang perlu diatasi.

Jadi, jawabannya apa? Benua dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia adalah benua Afrika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *