Sekolah

Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Setelah Sholat

×

Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Setelah Sholat

Sebarkan artikel ini

Percaya atau tidak, setiap doa yang kita panjatkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Salah satunya adalah doa untuk orang-orang yang sudah meninggal. Meski mereka telah pergi dari dunia fana, doa bisa menjadi salah satu jalan bagi kita untuk tetap menjalin sebuah ikatan spiritual. Khususnya bagi umat Islam, banyak sekali tata cara pengiriman doa untuk orang yang sudah meninggal yang dapat dilakukan, termasuk setelah sholat. Lantas, bagaimanakah cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal setelah sholat? Berikut langkah-langkahnya.

Niat

Sebelum berdoa, tentukan niat di dalam hati Anda. Tujuan dari doa Anda adalah untuk mendoakan orang yang telah meninggal. Pastikan niat ini tulus dari dalam hati, karena Segala Yang Maha Kuasa tahu segala isi hati kita.

Berdoa Setelah Shalat

Setelah melakukan shalat fardhu atau shalat sunnah, duduklah dengan tenang dan lakukan tahlil. Tahlil adalah zikir mengucapkan “La Ilaha Illallah” dengan tujuan memuji keagungan Allah SWT. Selanjutnya, lakukan doa untuk orang yang telah meninggal.

Doa Setelah Sholat

Berikut ini adalah doa yang dapat diucapkan setelah melakukan sholat:

“Allahumma ighfir lihayyina wa mayyitina, wa shahidina wa ghoibina, wa shagirina wa kabirina, wa dzakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘alal Islam, wa man tawaffaitahu minna fatawaffahu ‘alal Iman. Allahumma la tahrimna ajrahu, wa la tudhillana ba’dahu”.

Doa di atas memiliki arti, “Ya Allah, ampunilah orang-orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal, yang ada di tempat ini dan yang tidak ada, yang muda dan yang tua, yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, barangsiapa yang Engkau beri kehidupan diantara kami, berilah kehidupan dalam keadaan Islam. Dan barangsiapa yang Engkau wafatkan diantara kami, wafatkanlah dalam keadaan iman. Ya Allah, janganlah Engkau halangi kami untuk mendapatkan pahala (orang yang kita doakan ini) dan janganlah Engkau menyesatkan kami sesudahnya.”

Setelah berdoa, ucapkan salam lalu akhiri dengan bersimpuh dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT sebagai perwujudan rasa takut dan ta’zim kepada-Nya.

Doa adalah ruh ibadah, dan salah satu cara untuk melakukan ibadah adalah dengan mendoakan orang lain, termasuk orang yang sudah meninggal. Meskipun mereka telah tiada, doa kita sangat berarti untuk mereka.

Jadi, jawabannya apa? Cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal setelah sholat adalah dengan niat yang tulus, melakukan tahlil, mendoakan dengan doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah, dan mengakhiri dengan salam serta rasa rendah diri di hadapan Allah SWT. Ingatlah, setiap doa yang dipanjatkan dengan tulus dan ikhlas, insya Allah akan sampai pada yang dituju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *