Diskusi

Berkat Dari Menghormati Kedua Orang Tua Menurut Perjanjian Lama

×

Berkat Dari Menghormati Kedua Orang Tua Menurut Perjanjian Lama

Sebarkan artikel ini

Menghormati kedua orang tua adalah suatu perintah suci dalam agama Kristen dan Yahudi yang tertulis dalam Perjanjian Lama, bagian Pentateuk (lima kitab pertama dari Alkitab), tepatnya dalam kitab Keluaran 20:12, “Hormatilah ayahmu dan ibumu supaya lanjut umurmu di tanah yang akan diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.” Kebenaran statement ini, juga ditemui dalam Kitab Ulangan 5:16, mendorong kita untuk merenungkan berkat apa yang akan kita terima jika kita menghormati kedua orang tua kita.

Salah satu interpretasi terkait perjanjian ini mengatakan bahwa berkat yang didapatkan adalah umur panjang dan keberuntungan. Hal ini sejalan dengan apa yang ditulis dalam kitab Efesus, Perjanjian Baru, bahwa hukum “hormatilah ayahmu dan ibumu” adalah perintah pertama yang dijanjikan berkatnya. Oleh karena itu, umur panjang dan keberuntungan bisa dilihat sebagai hasil langsung dari menghormati kedua orang tua menurut Perjanjian Lama.

Selain itu, menghormati orang tua juga dihubungkan dengan berkat-berkat spirituil. Dalam pengertian agama, berkat tuhan berarti kehadiran Tuhan yang menyertai, mendatangkan kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan. Orang yang berjalan dalam kebenaran dan ketaatan kepada Tuhan, termasuk menghormati kedua orang tua, akan mengalami berkat-berkat Tuhan dalam hidupnya. Menghormati orang tua adalah ekspresi dari rasa cinta, hormat, dan taat kepada Tuhan.

Memahami makna ini, tentu mengajak kita untuk merefleksikan bagaimana sikap dan perilaku kita terhadap kedua orang tua. Apakah kita sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk mereka? Apakah kita sudah memberi mereka penghargaan yang pantas mereka terima sebagai orang yang berperan besar dalam hidup kita?

Maka, perlunya kita menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang yang tulus kepada kedua orang tua. Pada akhirnya, menghormati orang tua bukan hanya tentang mendapatkan berkat, namun juga merasakan kebahagiaan dan kepuasan batin dalam melakukan kewajiban moral kita sebagai anak.

Jadi, jawabannya apa? Menghormati kedua orang tua menurut Perjanjian Lama adalah suatu bentuk ketaatan yang diberkati dengan berkat-berkat lahir dan batin, termasuk umur panjang, keberuntungan, dan kedamaian hati. Lebih dari itu, ini adalah sebuah panggilan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, tidak hanya sebagai anak, tetapi juga sebagai umat Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *