Sosial

Pulau Kecil Cagar Alam di Selatan Pulau Jawa Daerah Malang TTS

×

Pulau Kecil Cagar Alam di Selatan Pulau Jawa Daerah Malang TTS

Sebarkan artikel ini

Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, selalu memiliki banyak hal yang menarik untuk ditelusuri. Mulai dari pulau besar hingga pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh wilayahnya. Salah satu kekhasan dari Indonesia adalah keanekaragaman hayatinya, baik daratan maupun lautannya. Salah satu perwujudan dari keanekaragaman hayatinya adalah adanya pulau kecil yang berfungsi sebagai cagar alam di selatan Pulau Jawa, tepatnya di Daerah Malang. Pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau Sempu.

Pulau Sempu berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau ini dilindungi oleh pemerintah dalam bentuk cagar alam dan dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Pulau ini memiliki luas sebesar 877 hektare dan tercatat sebagai salah satu pulau cagar alam yang memiliki ekosistem tropis yang masih sangat alami.

Pulau Sempu memiliki banyak biota maritim yang beranekaragam, antara lain berbagai jenis ikan, penyu, dan berbagai jenis tanaman yang hanya tumbuh di area tropis. Selain itu, pemukiman satwa liar juga dapat dijumpai di pulau ini, sebut saja burung-burung eksotis dan beberapa jenis reptil.

Tempat ini menjadi incaran para pecinta alam dan turis yang mencari udara segar, ketenangan, serta pemandangan indah dari segala sisi. Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sempu antara lain adalah snorkeling, trekking, birdwatching, exploring, dan tentunya bermain di pantai dengan pasir putihnya yang indah.

Untuk dapat menikmati semua itu, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah setiap pengunjung harus memastikan diri mereka tidak merusak lingkungan dan menjaga kebersihan pulau. Keindahan dan kelestarian pulau ini merupakan bentuk tanggung jawab yang harus dipatuhi semua pengunjung.

Selain Pulau Sempu, masih terdapat berbagai pulau kecil di selatan Pulau Jawa yang memiliki fungsi dan keunikan masing-masing. Namun, Pulau Sempu dengan segala kekhasan dan keindahannya, berdiri sebagai bagian dari cagar alam dan warisan alam Indonesia yang harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Jadi, jawabannya apa? Ibu pertiwi menyimpan sejuta pesona yang bisa kita jelajahi, salah satunya adalah pulau cagar alam seperti Pulau Sempu di selatan Pulau Jawa, Daerah Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *